Penandatanganan kerja sama antara Bhinneka UII Yogyakarta
Bhinneka Events Press Release

Bhinneka UII Yogyakarta Berkolaborasi Resmikan Campus Marketplace “UII Gerai”

Bhinneka berkolaborasi dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta untuk menghadirkan lokapasar khusus bagi para mahasiswa dan seluruh civitas academica. Peluncuran microsite UIIGerai.Bhinneka.com diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi startup atau UMKM di lingkungan UII Yogyakarta untuk mengoptimalkan strategi pengembangan bisnis dengan memanfaatkan platform marketplace Bhinneka.

Berdasarkan laporan IMD bertajuk ”World Digital Competitiveness Ranking”, Indonesia saat ini berada di peringkat ke-56 dari 63 negara. Melihat data tersebut, minimnya talenta digital akan menjadi batu penghalang Indonesia untuk mencapai potensi maksimal ekonomi digital di masa mendatang. Padahal, menurut Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, ekonomi digital diproyeksikan akan bertumbuh 8 kali lipat pada tahun 2030 dengan nilai Rp4,531 triliun. Oleh karena itu, merangkul mahasiswa perguruan tinggi agar dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan UMKM Tanah Air menjadi langkah tepat dalam menjawab permasalahan minimnya talenta digital Indonesia.

Penandatanganan kerja sama antara Bhinneka UII Yogyakarta
Seremoni penandatanganan kerja sama yang diwakili oleh Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh UII Yogyakarta, Dr. Arif Wismadi, dan Head of Business Bhinneka, Dennis Kumara.

“Program Campus Marketplace dari Bhinneka dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha bagi seluruh civitas academica UII Yogyakarta. Tak hanya itu, bahkan alumni dan keluarga dari seluruh pihak di lingkungan UII Yogyakarta juga dapat ikut serta mengakses dan memanfaatkan Marketplace yang ada untuk tambahan penghasilan atau memupuk jiwa kewirausahaan. Kami berharap, adanya pemanfaatan Marketplace ini dapat menjadi tempat mempraktikkan ilmu wirausaha hingga menghasilkan talenta-talenta yang dibutuhkan industri digital,” jelas Chief of Commercial and Omni Channel Bhinneka, Vensia Tjhin.

Kolaborasi dengan UII Yogyakarta menambah daftar panjang wujud konkret Bhinneka dalam membantu percepatan transformasi ekonomi digital. Di tengah momentum positif pertumbuhan ekonomi digital, Bhinneka sebagai pelopor B2B e-Commerce mengambil sikap proaktif merangkul sektor lain untuk menemukan dan mewujudkan peluang bisnisnya melalui dua solusi teknologi, yakni penyediaan marketplace dan sistem e-Procurement. Adapun beberapa contoh kontribusi Bhinneka yang telah sukses memajukan ekosistem digital di wilayah pemerintah dan instansi pendidikan adalah Pemkot Mojokerto, Pemkot Ternate, Pemkot Surakarta, President University, Kampus Merdeka, Universitas Bunda Mulia, dan masih banyak lagi.

“Kolaborasi bersama Bhinneka merupakan salah satu langkah kami dalam membentuk ekosistem inovasi dan kewirausahaan, baik secara keseluruhan di tingkat universitas maupun di tiap-tiap program studi. Oleh karena itu, Marketplace ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas academica UII Yogyakarta, bahkan hingga alumni dan keluarga,” papar Dr. Arif Wismadi selaku Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh UII Yogyakarta.

Sedangkan Rektor UII, Prof. Fathul Wahid juga menegaskan bahwa dukungan Bhinneka kepada UII ini akan sangat membantu dalam menguatkan ekosistem kewirausahaan yang sudah lama dikembangkan. Penguatan ini ada di sisi ujung dengan penyediaan Marketplace platform yang sudah teruji.

“Kami berterima kasih kepada Bhinneka yang telah menyediakan solusi teknologi bagi UII Yogyakarta. Marketplace ini dapat diakses melalui UIIGerai.Bhinneka.com dan menjadi wadah yang tepat untuk belajar berwirausaha dan bertumbuh bersama, dan semoga melalui kegiatan ini tercipta kolaborasi yang saling menghargai dan memajukan.”

Kerja sama antara Bhinneka UII Yogyakarta
Peresmian kerja sama antara Bhinneka UII Yogyakarta juga dirangkai dengan webinar tentang e-commerce.

Peluncuran microsite UIIGerai.Bhinneka.com bersamaan dengan rangkaian acara Growth Festival 2021. Growth Festival 2021 merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Inkubator Bisnis dan Inovasi Bersama (IBISMA) UII Yogyakarta untuk memberikan kesempatan kepada seluruh ekosistem wirausaha yang ada di lingkungan UII.

Bhinneka turut berpartisipasi mengisi acara webinar pada Growth Festival 2021 dengan tema “Business Development Strategies for C2C Players“. Melalui sesi webinar ini Bhinneka akan berbagi wawasan atau insight kepada startup dan UMKM untuk mengoptimalkan strategi pengembangan bisnis dengan memanfaatkan platform marketplace digital seperti Bhinneka.

Leave a Reply