Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Definisi, Keuntungan, dan Cara Pasang Set Top Box

Beberapa masyarakat di Indonesia tampaknya masih belum tahu Cara Pasang Set Top Box yang benar. Untuk menikmati berbagai siaran televisi di Indonesia, masyarakat harus mencari berebagai cara alternatif, salah satunya adalah dengan pasang Set Top Box ini.

Mengenal Apa Itu Set Top Box

Set Top Box merupakan sebuah perangkat keras yang dapat menangkap sinyal digital. Sinyal berupa data internet dan televisi ini akan perangkat terima melalui kabel atau sambungan telepon tersebut. Sinyal TV digital ini nantinya akan set top box rubah jadi analog.

Perubahan sinyal inilah yang membuat Anda tetap bisa menyaksikan berbagai tayangan televisi digital dengan tv analog melalui Set Top Box. Menariknya lagi Set Top Box ini tidak memerlukan parabola khusus dalam mengkonversi sinyal tv digital tadi.

Kehadiran Set Top Box tentunya akan menjadi solusi untuk beberapa masyarakat yang ingin tetap menyaksikan siaran Televisi melalui TV Analognya. Perubahan sinyal dari digital ke analog pun bisa terealisasi dengan baik.

Cara Pasang Set Top Box

Keuntungan Menggunakan Set Top Box

Kehadiran alat ini sebagai perangkat pengubah sinyal tentu membawa banyak sekali keuntungan untuk pengguna. Alat ini juga mampu membuat gambar dan suara menjadi lebih jelas dan terang, untuk keuntungan lainnya sebagai berikut :

Tidak Perlu Mengganti Televisi

Keuntungan pertama menggunakan Set Top Box adalah membantu Anda dalam mendapatkan saluran siaran digital menggunakan TV yang masih analog. Kehadiran alat ini membuat pengguna tidak perlu beli tv digital langsung.

Siaran televisi sekarang memang hanya bisa seseorang saksikan menggunakan tv digital dengan perangkat DVBT2. Apabila di rumah Anda masih menggunakan TV analog, maka Set Top Box jadi solusinya.

Tidak Mendapatkan Tagihan Apapun

Sama halnya dengan siaran televisi pada tv analog, pengguna set top box dalam menangkap sinyal tv digital tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biasa. Cukup dengan membeli perangkat ini saja dengan komponen lainnya.

Dengan kata lain pengguna hanya perlu membeli Set Top box sekali saja, setelah itu semuanya akan berjalan otomatis. Tidak ada tagihan yang akan Anda terima selama menyaksikan siaran lewat Set Top Box ini.

2 Cara Pasang Set Top Box

Setelah mengetahui dan memahami alatnya, kini Anda harus mengetahui juga cara memasang set top box dengan benar. Terdapat beberapa cara sejauh ini yang bisa seseorang gunakan untuk memasangnya, berikut Langkah langkahnya :

Cara Pasang Set Top Box di TV Tabung

Cara pemasangan pertama tentu saja adalah TV Tabung. Banyak orang tidak mengganti tv tabungnya karena masih menggap bisa berfungsi secara baik. Untuk memasang set top box pada TV tabung ini caranya cukup mudah, berikut Langkah langkahnya :

  1. Siapkan STB dan TV analog tabung Anda
  2. Kemudian jenis STBnya harus DVB-T2
  3. Pastikan juga TV analog dalam kondisi mati dulu
  4. Selanjutnya cabut kabel antena pada tv analognya
  5. Lalu sambung kabel Antena ke port dengan tulisan ANT IN
  6. Sambungkan Kabel HDMI ke TV Analog dari STB
  7. Colokan juga kabel AV untuk TV jika belum ada HDMI
  8. Hubungkan STB ke daya kemudian nyalakan
  9. Nyalakan TV Analog Tabungnya pilih pengaturan
  10. Cari menu mode tampilan AV lalu klik opsi Pencarian Layar
  11. Akan muncul daftar beberapa saluran televisi
  12. Jika sampai sini berarti Anda berhasil

Cara Pasang Set Top Box pada TV LED

Metode pemasangan kedua adalah untuk TV jenis LED. Cukup banyak masyarakat yang sudah beralih ke Televisi dengan bentuk agak tipis dan sering ada di beberapa PC ini. Untuk memasang Set Top Box pada TV LED bisa ikut Langkah berikut :

  1. Siapkan dulu STB dan TV LED atau LCDnya
  2. Selanjutnya beli lah kabel HDMI secara terpisah
  3. Hubungkan kabel antena ke port Bernama ANT IN di STB
  4. Lalu colokan kabel HDMI dari STB ke TV sesuai socketnya
  5. Jangan lupa hubungkan STB ke kabel RCA
  6. Kemudian nyalakan TV, pilih opsi source pada remote
  7. Gantikan mode jadi HDMI atau Audio/Video
  8. Selanjutnya nyalakan STB dan tunggul sebentar
  9. Akan muncul sebuah tampilan menu kemudian tekan menu pada remote
  10. Klik opsi pencarian siaran, TV akan mencari secara otomatis
  11. Tunggu beberapa saat, jika berhasil akan muncul berbagai siaran nantinya

Demikian pembahasan tentang cara pasang set top box. Bagi anda yang tertarik membelinya, silakan cek daftar harga set top box di bhinneka.com.

Leave a Reply