Cek Kecepatan Wifi
Tips & Tutorial

7 Cara Mudah Cek Kecepatan WiFi di HP & Laptop

Cek kecepatan wifi perlu dilakukan secara rutin, hal ini berguna agar pengguna mengetahui kecepatan jaringan pada wifi yang digunakan. Kecepatan wifi sangat dibutuhkan para pengguna, karena dengan koneksi internet melalui jaringan wifi yang lancar dan stabil dapat mempercepat proses pekerjaan sehari-hari.

Namun kadang kala pengguna kesal dengan koneksi internet buruk pada wifi  akibat cuaca buruk ataupun gangguan perbaikan jaringan provider. Umumnya saat terjadi gangguan, kecepatan internet pada wifi mengalami penurunan alias lemot.

Cek Kecepatan Wifi

Untuk memastikan sedang terjadi gangguan, alangkah baiknya B’Nerz bisa cek kecepatannya terlebih dahulu. Namun kebanyakan pengguna tidak mengerti bagaimana cara mengeceknya. Lalu, bagaimana cara mengetahui kecepatan wifi anda?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan B’Nerz untuk mengecek kecepatan wifi  yang bisa dipraktekkan dengan mudah melalui HP dan Laptop.  Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan B’Nerz.

Perencaan Sebelum Cek Kecepatan Wifi

1. Restart Router Sebelum Cek Kecepatan Wifi

diharapkan dengan melakukan restart router, jaringan internet pada wifi B’Nerz kembali normal seperti sedia kala.

2. Restart HP dan Laptop

Cara berikutnya sebelum B’Nerz melakukan pengecekan adalah merestart HP dan Laptop, diharapkan setelah Hp dan Laptop direstart akan mengembalikan kondisi primanya serta menunjang koneksi internet yang diterima.

3. Membersihkan Cache pada HP dan Laptop Sebelum Cek Kecepatan Wifi

Cache atau sampah yang terlalu banyak sangat menghambat kecepatan wifi pada HP dan Laptop, dengan hal itu  koneksi internet anda menjadi lemot. Untuk itu, penting sebelum melakukan pengecekan agar membersihkan cache pada HP dan Laptop yang B’Nerz gunakan.

4. Hentikan program atau aplikasi yang tidak digunakan

Perencanaan terakhir sebelum pengecekan adalah menghentikan program atau aplikasi yang telah selesai digunakan dan tidak digunakan lagi. Apabila anda membuka banyak program ataupun aplikasi akan mempengaruhi performa koneksi internet menjadi menurun . Maka dari itu B’Nerz, apabila program atau aplikasi yang sudah selesai digunakan dan tidak digunakan sebaiknya ditutup, agar koneksi internet pada jaringan wifi menjadi stabil kembali.

Setelah perencaan selesai dilakukan, berikut  ini cara yang dapat dilakukan B’Nerz untuk cek kecepatan wifi melalui HP dan Laptop.

Cara Mudah Cek Kecepatan Wifi di HP dan Laptop

Untuk cek kecepatan Wifi B’Nerz, kami menyiapkan  beberapa situs web dan aplikasi yang dapat digunakan berdasarkan ukuran satuan Mbps (Megabit per second) melalui Hp dan Laptop.

1. Speedtest.Net

Cek Kecepatan Wifi: Speedtest.Net

Speedtest.Net merupakan situs untuk cek kecepatan wifi yang sudah banyak dikenal. Tidak hanya sudah dikenal, cara menggunakan situs ini juga sangat mudah dan memiliki akurasi yang cukup baik. Untuk Speedtest.Net dapat diakses dengan mengunjungi  laman ini http://www.speedtest.net/id.

Saat laman sudah terbuka B’Nerz, klik opsi “Go” dan tunggu beberapa saat, setelah itu akan muncul hasilnya seperti kecepatan Mbps, Download serta Upload.

2. SpeedSmart

Cek Kecepatan Wifi: SpeedSmart

SpeedSmart adalah aplikasi dan juga situs web untuk mengecek kecepatan wifi, situs ini sering digunakan para pengguna, karena hasilnya yang sangat cepat dan akurat karena menggunakan HTML5 saat menjalankannya . SpeedSmart dapat melakukan pemeriksaan seperti kecepatan unduh, unggah sampai IP server dan Provider.

Untuk menggunakan SpeedSmart silakan mengujungi laman http://speedsmart.net/, kemudian klik “Start Test”.

3. Meter.net

Cek Kecepatan Wifi: Meter.net

Situs selanjutnya adalah Meter.net, situs web ini sangat cepat untuk mengecek kecepatan wifi, hanya dengan waktu 30 detik saja hasilnya akan segera muncul. Penggunaanya juga sangat mudah, cukup dengan mengunjungi laman http://www.meter.net/, lalu klik opsi “Start” dan hasilnya akan muncul.

4. Bandwidthplace.com

Cek Kecepatan Wifi: Bandwidthplace.com

Situs berikutnya yang dapat digunakan untuk cek kecepatan wifi adalah Bandwidthplace. Situs ini memiliki fitur dan cara menggunakan mirip dengan situs Meter.net. B’Nerz cukup mengujungi situs http://www.bandwidthplace.com/ , lalu klik “Start”. Keunggulan situs ini adalah pengguna dapat memilih lokasi dan juga dapat mendeteksi provider apa yang sedang digunakan pengguna.

5. Fast.com

Cek Kecepatan Wifi: Fast.com

Situs cek kecepatan wifi Fast.com adalah situs yang dimiliki Netflix. Layanan ini dapat digunakan secara gratis serta mempunyai layanan yang mudah dipahami. Dengan mengunjungi situs http://fast.com/ melalui HP dan Laptop, anda tidak perlu memilih opsi apapun, karena situs akan melakukan pemeriksaan secara otomatis.

Situs Fast.com memiliki fitur yang dapat mendeteksi IP publik pengguna, Kecepatan unggah  serta unloaded dan loaded latency.

6. Open Speed Test

Cek Kecepatan Wifi: Open Speed Test

selanjutnya ada situs Open Speed Test yang baik digunakanan untuk cek kecepatan Wifi kamu B’Nerz .  Situs ini memiliki fitur untuk mengetahui kecepatan download, upload, Jitter dan Ping. Untuk mengunakan situs ini B’Nerz cukup mengunjungi laman https://openspeedtest.com/. Setelah masuk ke laman, B’Nerz cukup klik “Play” untuk memulai, selanjutnya tunggu beberapa saat sampai akhirnya hasilnya muncul.

7. Internet Speed Meter Lite

Cek Kecepatan Wifi: Internet Speed Meter Lite

Cara cek kecepatan wifi yang terakhir adalah menggunakan Internet Speed Meter Lite, untuk menggunakan aplikasi ini, B’Nerz harus mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah aplikasi sudah diunduh B’Nerz bisa langsung menjalankannya secara otomatis. Aplikasi ini dapat memberikan informasi kecepatan wifi secara real time yang akan muncul pada notifikasi bar.

Itulah ketujuh cara mudah cek kecepatan Wifi melalui HP dan Laptop anda. B’Nerz bisa menggunakan situs web ataupun aplikasi yang sudah kami rekomendasikan. Semoga dapat membantu dan selamat mencoba B’Nerz. Untuk mengetahui informasi lain dapat B’Nerz akses melalui laman ini.

Leave a Reply