fleet management system
Korporasi Solusi B2B

Ciri Manajemen Armada yang Tidak Efisien

Tanda dan ciri manajemen armada yang tidak efisien perlu diketahui dan disadari oleh perusahaan atau bisnis yang memiliki serta menjalankan armada kendaraan sendiri. Manajemen armada yang tidak efisien dan tidak berjalan dengan baik bisa menyebabkan operasional kendaraan menjadi tidak produktif.

Manajemen armada atau sistem manajemen armada umumnya dilakukan di perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik, transportasi atau perusahaan yang mengelola dan mengoperasikan sejumlah armada kendaraan. Dalam artikel ini kita akan melihat apa saja ciri dari pengelolaan atau manajemen armada yang tidak efisien.

Pengertian Manajemen Armada

Manajemen armada merujuk pada kegiatan mengelola sejumlah armada kendaraan seperti mobil, truk, motor, kapal, dll dalam suatu perusahaan di berbagai bidang industri dan bisnis. Manajemen armada seringkali dilakukan di perusahaan seperti perusahaan transportasi atau ekspedisi layanan pengiriman, angkutan umum.

manajemen armada

Ciri Manajemen Armada yang Tidak Efisien

Kegiatan dalam manajemen armada umumnya mencakup banyak hal seperti:

  1. Perencanaan rute armada
  2. Perencanaan utilisasi aset kendaraan
  3. Pengorganisasian aset kendaraan dan pengemudi
  4. Pemantauan operasional armada
  5. Penjadwalan pemeliharaan armada

Masih banyak lagi kegiatan – kegiatan yang terdapat dalam manajemen armada. Hal ini bertujuan untuk memastikan armada dapat beroperasional secara efektif dan efisien. Lantas bagaimana Anda mengetahui apakah sistem manajemen armada di perusahaan Anda efektif atau tidak?

Komunikasi Manual

Salah satu ciri pengelolaan armada yang tidak efektif adalah masih menggunakan komunikasi secara manual untuk mengetahui posisi pengendara dan unit armada. Komunikasi manual disini dapat berupa telepon, sms atau whatsapp misalnya. Akibatnya, perusahaan tidak dapat memantau unit armada secara real time.

Tidak Mengetahui Rute yang Ditempuh

Kendala lain dari komunikasi yang masih manual dan tidak dapat memantau armada secara real time adalah Anda tidak dapat mengetahui rute yang ditempuh oleh armada. Anda akan sulit melakukan evaluasi apakah rute yang ditempuh tersebut sudah efisien atau belum.

Manajemen Data & Evaluasi Masih Manual

Pengelolaan armada perlu dilakukan evaluasi secara berkala untuk meninjau keefektifan dari operasional armada. Hal yang biasa dievaluasi dapat berupa tingkat penggunaan bahan bakar, waktu operasional kendaraan seperti berapa lama mesin menyala, dan lainnya.

Apabila data – data ini masih dikumpulkan secara manual, tentu sangat tidak efektif dan rawan kesalahan. Hal ini menyebabkan evaluasi yang dilakukan menjadi tidak akurat.

Pembagian Tugas Tidak Merata

Kendala lain dari manajemen armada yang tidak efisien adalah pembagian tugas yang tidak merata. Anda bisa dihadapkan pada sejumlah unit armada yang idle atau tidak produktif sama sekali. Selain itu, pembagian waktu kerja dan total jam kerja antar pengemudi juga sulit dipantau, sehingga bisa membahayakan dari segi aspek K3.

fleet management system

Kelola Armada dengan Fleet Management System yang Intuitif

Bhinneka menawarkan sistem dan layanan manajemen armada untuk memudahkan Anda mengelola armada perusahaan. Dengan adanya Fleet Management System (FMS) yang ditawarkan Bhinneka, Anda bisa memantau dan mengelola operasional kendaraan untuk berbagai bisnis yang memiliki atau mengelola moda transportasi darat dan laut dengan efisien dan optimal.

Adapun sejumlah fitur dari Fleet Management System yang ditawarkan Bhinneka antara lain:

  1. Pantau keberadaan setiap unit armada secara aktual
  2. Ketahui dan evaluasi rute yang ditempuh oleh setiap unit armada berserta total jarak tempuhnya
  3. Berikan kemudahan bagi client untuk mengetahui dan melacak lokasi dan posisi kurir
  4. Pantau tingkat konsumsi bahan bakar dari masing – masing unit armada dengan tingkat akurasi mencapai 99%.
  5. Pantau kecepatan pengemudi saat berkendara serta dapat mendeteksi perilaku seperti rem mendadak serta berkendara secara ugal – ugalan
  6. Dapatkan notifikasi ketika suatu peristiwa penting terjadi, seperti ketika terjadi kecelakaan pada armada, rem mendadak, kecepatan melebihi batas atau perubahan suhu pada kargo yang diangkut oleh armada
  7. Dapatkan informasi lengkap mengenai tingkat utilisasi kendaraan yang dimiliki mulai dari data jumlah kilometer, berapa lama mesin menyala / mati, kecepatan rata – rata, dll
  8. Efisiensikan pekerjaan Anda dengan mengatur pengiriman report berkala secara otomatis. Anda dapat menjadwalkan jenis report dan kapan report tersebut dikirim.

Solusi FMS Bhinneka juga dapat diintegrasikan dengan berbagai modul yang terdapat pada sistem pihak ketiga. Optimalkan serta tingkatkan efisiensi dari pengelolaan armada kendaraan di perusahaan dan bisnis yang Anda miliki dengan Fleet Management System Bhinneka. Pelajari lebih lanjut dan hubungi kami pada halaman berikut ini.

Leave a Reply