ERP untuk industri manufaktur
Korporasi Solusi B2B

Manfaat ERP untuk Industri Manufaktur yang Lebih Efisien

Enterprise Resource Planning atau ERP untuk manufaktur digunakan untuk otomatisasi dan penyederhanaan operasional bisnis, misalnya: akuntansi, kelola rantai pasokan, manajemen proyek, hubungan pelanggan (CRM), manajemen risiko, sampai penggajian karyawan. ERP menawarkan banyak kelebihan untuk membuat perkiraan, membuat laporan, sampai pengambilan keputusan. Manajemen bisa lebih cepat merespon perubahan terhadap kondisi pasar.

Sistem ERP untuk industri manufaktur memusatkan semua informasi penting di satu penting. Sistem ini mampu mengelola setiap aspek operasional dan fasilitas di pabrik manufaktur. ERP memungkinkan visibilitas, koordinasi, dan manajemen yang mudah di seluruh proses bisnis. Pada akhirnya, sistem ERP mampu menghasilkan efisiensi operasional lebih besar.

Manfaat ERP untuk Industri Manufaktur

ERP sangat cocok untuk industri manufaktur karena banyaknya proses kerja yang harus dilakukan setiap hari. Sistem ERP bantu perusahaan untuk kelola dan sederhanakan operasional. Sistem ini bisa mencatat informasi yang dikumpulkan dari setiap divisi sehingga bisa bertukar data satu sama lain secara real time. Berikut ini manfaat yang industri manufaktur dapatkan dari ERP:

1. Otomatisasi dan Penyederhanaan Proses Manufaktur

Sistem ERP berfungsi menyederhanakan semua proses bisnis dengan memastikan semua data dari setiap divisi terpusat, perubahan real time, dan bisa diakses siapa saja yang berwenang. Karyawan Anda bisa memantau data, laporan, atau statistik produksi secara mandiri. Sistem ERP yang mengotomatisasi bisnis manufaktur mengurangi ketergantungan pada pekerjaan manual. Otomatisasi mempercepat proses produksi, menghindari human error, dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

ERP untuk industri manufaktur

2. Perencanaan dan Pelaporan Lebih Mudah

Permintaan yang mendadak dan tidak terduga jadi salah satu tantangan besar industri manufaktur. Sistem ERP membantu perusahaan menghindari situasi tersebut dengan menghasilkan perkiraan dan laporan penjualan berdasarkan histori transaksi masa lalu. Kelebihan inilah yang membuat ERP dapat menghindari bisnis Anda dari kekacauan akibat kelebihan persediaan atau kehabisan stok.

Selain itu, sistem ERP dapat membantu karyawan membuat laporan tanpa harus bergantung pada tim IT. Setiap user bisa mengetahui prediksi permintaan dan kebutuhan material di masa depan. Antarmuka yang nyaman dilihat mudah untuk digunakan sekaligus mengurangi risiko kesalahan saat membuat laporan.

 3. Informasi Real Time Memudahkan Ambil Keputusan

Sistem ERP bantu industri manufaktur dengan cara mengumpulkan dan mengurutkan setiap informasi penting ke dalam satu tempat. Informasi tersebut kemudian disebarkan ke semua divisi terkait secara real time. Siapapun bisa mengakses informasi dari proses atau departemen lain. Hal ini akan memudahkan koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi antar divisi dengan lebih efisien.

4. Efisiensi Kerja dengan Mobilitas dan Fleksibilitas

Setiap pengguna yang berwenang bisa mengakses data dari hp, tablet, laptop, atau desktop PC. Pengguna bisa akses data secara praktis dari mana saja, baik di kantor, saat kerja di rumah, atau di gudang. Sistem ERP yang ramah pengguna mobile memungkinkan pengguna bisa akses dokumen penting, edit, dan menyetujuinya saat berpergian. Seiring semakin dinamisnya pekerjaan, ERP bantu operasional karyawan di level manajemen untuk meningkatkan produktivitas.

Manfaat sistem ERP untuk manufaktur

5. Tingkatkan Produktivitas Sambil Hemat Waktu dan Biaya

Kemampuan ERP untuk manufaktur yang bisa mengatur jadwal, menyederhanakan operasi keuangan, mengawasi proses penjualan, hasilkan data real time, dan kemampuan mengurangi kesalahan data memastikan komunikasi lebih cepat antar divisi. Data lebih mudah diakses oleh siapa saja yang diberi wewenang. Kelebihan inilah yang membuat operasional perusahaan manufaktur Anda lebih hemat waktu dan biaya.

6. Integrasi dengan Rantai Pasokan

Sistem ERP dapat terintegrasi dengan manajemen rantai pasokan Anda. Tujuannya untuk optimalkan alur masuk dan keluar material atau distribusi ke satu lokasi atau ke banyak gudang. Tim Anda bisa melacak kinerja vendor dan memanfaatkan data dari sumber internal dan eksternal. Melalui bantuan sistem ini, manajemen kemudian bisa membuat perencanaan dan merancang rantai pasokan yang lebih efisien.

Cara ERP bantu manufaktur

7. Mengelola Hubungan Baik dengan Pelanggan

Konsumen manufaktur pasti mengharapkan feedback dari pesanan dan mendapat pengiriman tepat waktu. Sistem ERP memungkinkan perusahaan memantau status pesanan mulai dari tahap produksi sampai pengiriman. Informasi real time meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan. Ditambah lagi, ERP juga menyediakan alat analisa yang kuat sehingga perusahaan bisa memahami perilaku pelanggan, memahami preferensi, dan tahu kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Kapan Bisnis Manufaktur Anda Butuh ERP ?

Sistem ERP adalah solusi terbaik untuk tingkatkan efisiensi industri manufaktur. Berikut ini beberapa ciri-ciri kapan bisnis manufaktur Anda butuh ERP:

  • Anda pakai banyak software tapi tidak saling terintegrasi
  • Sulit mengumpulkan data karena informasi terbagi-bagi ke banyak sumber
  • Divisi IT harus menyediakan dukungan software yang terus bertambah
  • Sering menemui masalah inventaris yang tidak akurat
  • Semua pekerjaan masih serba manual, termasuk integrasi data lintas divisi
  • Perusahaan ingin lebih responsif menghadapi tantangan masa depan
  • Kepuasan pelanggan terus menurun
  • Biaya operasional terus membengkak dan banyak ditemukan pemborosan.

Pengaruh ERP pada Kepatuhan Regulasi Manufaktur

Sistem ERP untuk manufaktur dirancang untuk membantu perusahaan mematuhi peraturan industri dengan berbagai cara. Berikut ini adalah peran ERP untuk mendukung kepatuhan regulasi manufaktur:

  • Pemantauan dan Pelaporan. ERP memantau proses bisnis agar sesuai dengan regulasi. Fitur pelaporan yang terintegrasi memungkinkan perusahaan menyusun laporan kepatuhan dengan cepat dan akurat.
  • Manajemen Dokumentasi. Semua dokumen seperti: sertifikat, lisensi, dan persetujuan regulasi tersimpan dalam satu tempat. Ini memudahkan auditor untuk mengakses informasi yang diperlukan.
  • Melacak Perjalanan Produk. ERP memungkinkan pelacakan produk mulai dari bahan baku hingga produk jadi. Untuk mematuhi persyaratan regulasi yang dibutuhkan sudah dilengkapi dokumentasi lengkap tentang asal usul dan perjalanan produk. Pelacakan yang akurat membantu perusahaan merespon cepat ketika terjadi recall produk.
  • Manajemen Persediaan selalu Terkendali. Memastikan ketersediaan bahan baku dan bahan kimia mematuhi regulasi yang ada. Tidak ada lagi kelebihan atau kekurangan stok bahan baku yang dibutuhkan.
  • Keamanan Data. ERP dilengkapi fitur keamanan tingkat tinggi untuk melindungi data sensitif dan mematuhi privasi data yang berlaku. Keamanan ERP didukung kemampuan enkripsi data dan pengendalian hak akses terhadap dokumen penting.
  • Manajemen Kualitas. Membantu menyediakan pelaporan kualitas terintegrasi yang memudahkan audit dan memenuhi persyaratan regulasi. ERP bantu kelola proses pengendalian kualitas dan dokumentasi setiap langkah produksi.
  • Pemeliharaan Catatan Keuangan. Bantu perusahaan memelihara catatan keuangan agar terdokumentasi dengan baik. Tujuannya untuk mematuhi regulasi keuangan dan perpajakan yang berlaku.
  • Pelatihan dan Pemantauan Karyawan. ERP digunakan untuk melacak dan mencatat pelatihan yang diterima karyawan. Hal ini akan memastikan bahwa setiap karyawan di perusahaan sudah memahami dan mematuhi aturan dan prosedur yang berhubungan.

ERP membantu tingkatkan efisiensi operasional di industri manufaktur. Anda bisa optimalkan semua fungsi departemen dengan informasi yang akurat dan real time. Jika Anda tertarik implementasi ERP di bisnis Anda, segera hubungi tim kami di :
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply