Kelebihan iPhone vs Android
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

iPhone vs Android: Mana yang Bagus untuk Bisnis ?

iPhone vs Android adalah perdebatan yang tak pernah usai. Pengguna iPhone kerap membandingkan performa hp kesayangannya dengan Android, begitupun sebaliknya. Sistem operasi Android yang terbuka memungkinkannya banyak digunakan oleh berbagai merk smartphone, seperti: Samsung, OPPO, vivo, Xiaomi, dan lainnya. Di sisi lain, iPhone dengan sistem operasi iOS hanya digunakan di hp keluaran Apple.

Banyaknya merk hp terbaik dunia yang menggunakan sistem operasi Android membuat jumlah penggunanya jauh lebih besar ketimbang iPhone. Baik Android atau iPhone sama-sama mengembangkan banyak fitur dan keamanan untuk memberi kenyamanan pada pengguna profesional untuk bisnis.

Bagi pengguna profesional yang memakai hp untuk bisnis, biasanya mereka mempertimbangkan preferensi pribadi, loyalitas merk, dan kemampuan perangkat saat memilih hp iPhone vs Android untuk bisnis. Saat memilih hp untuk penggunaan bisnis, ada beberapa hal lain yang dijadikan pertimbangan, yaitu:

1. Ekosistem Teknologi iPhone vs Android

Jika Anda ingin membandingkan iPhone vs Android untuk bisnis, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pekerjaan apa yang harus dikerjakan setiap hari. iPhone dan Google sama-sama memiliki banyak sumber daya dan tools yang disediakan secara online. Tujuannya untuk membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan mudah.

Kelebihan iPhone vs Android

Jika Anda menggunakan salah satu sistem operasi, misalnya MacBook, iCloud, dan Apple Watch saat bekerja. Memilih iPhone akan memberi pengalaman yang lebih mulus saat bekerja. Sedangkan, jika Anda terbiasa bekerja dengan Chromebook, browser Chrome, Google Maps, Google Docs, dan lainnya akan lebih nyaman menggunakan Android.

Pengguna yang membutuhkan performa render, editing, dan coding biasanya lebih memilih MacBook atau iMac saat bekerja. Ini membuat iPhone jadi pilihan ideal untuk Anda. Sebaliknya, untuk pekerja yang butuh perangkat dengan harga terjangkau untuk multitasking, hp Android akan jadi pilihan yang lebih baik.

2. Spesifikasi yang Ditawarkan

Saat awal dirilis, hp Android dan iPhone sangat berbeda jauh. Hp Android punya tampilan yang beragam dan lebih fungsional. Sedangkan, iPhone hadir dengan dimensi bodi yang tipis. Namun saat ini, tampilan keduanya hampir selalu identik. Android dan iPhone punya layar besar minim bezel dan resolusi tinggi. Refresh Rate kencang juga jadi standar untuk beberapa hp kelas menengah atas Android dan iPhone terbaru.

Apple dan beberapa produsen chipset Android berlomba-lomba menciptakan chipset paling kencang. Tak hanya itu, konsumsi daya chipset juga dibuat seefesien mungkin. Chipset dengan fabrikasi di bawah 5nm sudah mulai banyak digunakan untuk membuat hp bisa bertahan seharian. Yang terbaru, iPhone mengeluarkan chip A17 Pro dengan fabrikasi 3nm, menjadikannya paling kecil di dunia.

Tidak hanya chipset, kapasitas baterai juga semakin tinggi dengan 3000 mAh sebagai acuan standarnya. Produsen smartphone dunia juga membekali kemampuan Fast Charging yang dapat mempersingkat pengisian baterai. Bagi pengguna bisnis, kemampuan ini sangat menguntungkan. Anda bisa lebih lama produktif di luar kantor dan tak perlu buang banyak waktu untuk mengisi kembali baterai.

Salah satu keunggulan Android dibanding iPhone adalah ketersediaan perangkat murah dengan penyimpanan besar. Anda bisa dapatkan hp 1 jutaan dengan RAM besar di Android. Saat ini sangat mudah menemukan hp dengan RAM 8GB dan ROM 128 GB di Android. Sedangkan, untuk mendapat kapasitas penyimpanan yang sama Anda perlu keluarkan uang 10x lebih banyak untuk iPhone.

3. Antarmuka Pengguna

Tampilan antarmuka adalah salah satu hal yang diperhatikan banyak pengguna bisnis. Mereka tidak butuh UI yang rumit sehingga fitur yang dibutuhkan bisa diakses dengan cepat. Jika Anda ingin tampilan yang lebih simpel dan tidak banyak berubah iPhone adalah pilihan yang tepat. Sedangkan, jika Anda ingin tampilan antarmuka yang bisa dikustomisasi, Android layak dipertimbangkan.

Tampilan UI Android vs iPhone

Kemampuan antarmuka iPhone vs Android sudah sama-sama meningkat. Baik hp Android atau iPhone kini dapat merespon perintah lebih cepat. Akan tetapi, karena pengembangan sistem operasi jadi wewenang produsen kadang masih ditemukan hp Android yang bermasalah. Ini membuat pengalaman pengguna di masing-masing perangkat Android tidak sama.

4. Fitur Keamanan iPhone dan Android

Tidak bisa dipungkiri bahwa keamanan adalah salah satu keunggulan iPhone. Apple dapat mengontrol ketat semua ekosistem, termasuk perangkat keras, firmware, dan perangkat lunak. Setiap aplikasi disaring dengan cermat sebelum masuk ke App Store. Hal ini sekaligus mengurangi kemungkinan aplikasi bermasalah atau berbahaya masuk ke dalam ekosistem Apple.

Hp iPhone juga memiliki dukungan sistem operasi yang sangat lama. iPhone keluaran lawas tetap mendapat pembaruan firmware dan keamanan. Ini menjamin perangkat yang sudah dibeli dengan harga mahal tetap aman dan berfungsi baik setelah bertahun-tahun digunakan.

Sebaliknya di Android, menyediakan pembaruan sistem operasi jadi tanggung jawab masing-masing produsen. Google memang rutin merilis pembaruan versi dan keamanan. Namun, produsen harus menyesuaikan pembaruan ke banyaknya perangkat yang dikeluarkan. Pembaruan bisa memakan waktu lama bahkan perangkat lawas yang punya spek terbatas kadang harus ikhlas tidak mendapat pembagian update.

Model pembaruan sistem operasi yang harus dikirimkan ke banyak produsen dengan berbagai macam perangkat keras dan perangkat lunak yang luas menyulitkan update secara massal. Hal ini menciptakan celah keamanan yang lebih besar dan tak terkendali. Untuk menangani masalah ini, sejak Android 10 dirilis Google sudah menawarkan opsi enkripsi tingkat OS. Celah keamanan bisa ditemukan dan ditambal lebih cepat.

Android kini memiliki fitur izin aplikasi individual. Sebelum digunakan, aplikasi meminta izin untuk mengakses fitur lain, seperti: kamera, lokasi, penyimpanan, dan lainnya. Pengguna bisa saja menolak atau memberi izin hanya saat aplikasi digunakan saja. Pembaruan otomatis bisa dilakukan di latar belakang sejak Android Nougat dirilis pada tahun 2016.

5. Ketersediaan Aplikasi di Android dan iPhone

Saat ini hampir semua aplikasi besar tersedia di App Store dan Play Store. Pilihan aplikasi yang sama banyaknya membuat orang tak perlu pusing memilih hp iPhone atau Android. Namun, ada satu kelebihan iPhone vs Android yaitu aplikasi tersedia lebih cepat di iPhone. Jumlah perangkat yang lebih sedikit serta pilihan resolusi dan spek yang tak sebanyak Android memudahkan pengembang merilis aplikasi lebih cepat di App Store.

Aplikasi iPhone App Store dan Android Play Store

Dulu banyak pengembang sangat mudah untuk merilis aplikasi di Play Store Android. Ini membuat banyak aplikasi berbahaya masuk ke dalam perangkat Android. Kontrol aplikasi yang mungkin mengandung malware tidak ketat seperti iPhone. Walaupun sekarang Google banyak melakukan perbaikan, tapi aplikasi yang rentan masih kerap ditemukan.

Bagi pengguna bisnis, Android dan iPhone sama-sama punya banyak aplikasi untuk produktivitas, seperti: Microsoft Office, manajemen kontak, kalender, Maps, dan lainnya. Google Android menyediakan lebih banyak pilihan aplikasi untuk profesional IT, email, dan masih banyak lagi. Aplikasi Google juga umum digunakan banyak orang sehingga mudah untuk berbagi dokumen dengan banyak orang.

6. Harga Perangkat Android vs iPhone

Harga adalah salah satu pertimbangan saat membandingkan hp iPhone vs Android. iPhone dan sistem operasi iOS hanya digunakan di perangkat yang dibuat Apple. Oleh karena itu, tidak ada persaingan harga dan pilihan produk lebih terbatas. Memilih iPhone ketimbang Android cocok untuk pengguna bisnis yang tak ingin buang banyak waktu dalam memilih ponsel. Cukup beli hp varian terbaru, sudah dapat semua keunggulan yang ditawarkan pada seri sebelumnya.

Hp Android dibuat oleh banyak produsen. Ini membuat pilihan hp Android di pasaran sangat banyak. Pilihan harga produk juga bervariasi, mulai dari: 1 jutaan, 2 jutaan, 5 jutaan, sampai di atas 10 juta. Produsen hp Android juga banyak membawa fitur-fitur inovatif yang tak ditemukan di iPhone. Kualitas perangkat dan spesifikasi yang ada di iPhone bisa Anda dapatkan lebih murah di Android.

Smartphone Android cocok untuk Anda suka pilihan produk yang lengkap. Pengguna bisa memilih fungsi hp yang paling ingin ditonjolkan, misalnya kamera, performa, atau kualitas layar. Harganya juga lebih terjangkau, sehingga bagus untuk pebisnis pemula yang menyimpan banyak uangnya untuk ekspansi bisnis. Android juga jadi pilihan tepat untuk pengadaan smartphone karyawan. Harganya lebih murah sehingga ekonomis untuk pembelian dalam jumlah besar.

Kesimpulan: Mana Hp yang Bagus untuk Bisnis ?

Ketika Anda ingin membeli hp untuk bisnis, pikirkan apa manfaat yang ingin Anda dapatkan untuk bisnis. iPhone yang didukung sistem operasi iOS cocok untuk pengguna yang bekerja dengan komputer keluaran Apple, seperti: iMac dan MacBook. Integrasi berjalan lebih mulus antara hp iPhone dan perangkat Apple lain. Selain itu, iPhone adalah perangkat dengan ekosistem ketat sehingga bagus untuk Anda yang mengutamakan keamanan.

Sementara itu, Android menyediakan pilihan produk yang jauh lebih banyak. Hp Android hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ini memudahkan Anda membeli perangkat sesuai dengan kebutuhan. Harganya juga lebih terjangkau dibanding iPhone sehingga relatif mudah dimiliki pebisnis pemula.

Bhinneka melayani pengadaan smartphone Android dan iPhone untuk kebutuhan bisnis. Anda bisa pilih produk hp terbaru di katalog kami lalu pesan untuk pengadaan di perusahaan Anda. Jika butuh bantuan atau ada pertanyaan mengenai pengadaan barang dan jasa, hubungi kami di:
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply