Data Analyst
Info Bisnis Tren Bisnis

6 Jenis Pekerjaan Populer di Era Digital

Di era digital seperti saat ini, ada banyak Jenis Pekerjaan yang banyak bermunculan. Pekerjaan baru ini sebenarnya masih sedikit peminatnya dan belum terlalu banyak orang familiar. Era digital memang merubah segalanya sehingga pekerjaan berbasis internet mulai orang tekuni.

Perubahan zaman di mana sekarang ada banyak sekali pekerjaan baru membuat beberapa orang harus beradaptasi. Jenis pekerjaan baru ini hadir dengan penawaran menarik sehingga dapat menjadi mata pencaharian utama juga. Apalagi beberapa pekerjaan baru di era modern ini juga menawarkan gaji besar, berikut jenis jenis pekerjaan di era Modern.

Cybersecurity Expert

Jenis Pekerjaan Cyber Security

Cybersecurity expert menjadi salah satu pekerjaan yang muncul di era digital. Pekerjaan ini sangat menjanjikan dan sering orang sebut juga sebagai pekerjaan ahli keamanan siber. Ancaman keamanan siber di era serba digital ini memang semakin meningkat.

Pekerjaan sebagai ahli keamanan siber sendiri adalah melindungi sistem, data, jaringan dari serangan cyber. Tugas lainnya adalah mengembangkan strategi keamanan, mencegah serangan, mendeteksi sampai dengan memberikan solusi keamanan seefektif mungkin. Karir dari jenis pekerjaan ini cukup prospek kedepannya.

Software Developer

Software Developer

Pekerjaan selanjutnya adalah software developer di mana seseorang harus mengembangkan sebuah perangkat lunak. Pekerjaan ini memiliki andil besar dalam perkembangan pesat aplikasi berbasis desktop maupun mobile.

Software developer sendiri memiliki tugas utama untuk mendesain, mengembangkan, sampai dengan menguji program komputer ataupun aplikasi mobile. Di era modern ini penggunaan perangkat lunak di kehidupan sehari hari sangat kompleks, untuk itulah pekerjaan ini orang perlukan.

Digital Marketer

Digital Marketer

Selanjutnya ada digital marketer yang muncul sebagai salah satu pekerjaan menarik. Sesuai dengan namanya jenis profesi ini memiliki tanggung jawab dalam merancang serta mengeksekusi strategi pemasaran secara online dengan metode terbaik.

Istilah seperti SEO atau Search Engine Optimization menjadi salah satu pekerjaan yang sering muncul sebagai digital marketing. Aktivitas analisis data pemasaran sampai iklan digital juga menjadi profesi penting dalam pemasaran produk sehingga bisa mencapai target audiens.

Social Media Specialist

Social Media Specialist

Social media specialist juga menjadi salah satu profesi atau jenis pekerjaan modern yang memiliki prospek cerah. Pekerjaan ini sudah mulai populer karena sosial media sekarang sudah berkembangan pesat. Tugas utamanya dari pekerjaan ini adalah mengelola serta mempromosikan medial sosial mulai dari Facebook, Linkedin, sampai Instagram.

Tugas lain dari social media Specialist adalah mengembang strategi terbaik sehingga kampanye iklan untuk promosi sebuah produk maupun jasa dapat berjalan baik. Menganalisis data serta membangun ketertiban konsistensi dalam membranding jasa maupun produk juga jadi tugas dari pekerjaan ini.

Data Analyst

Data Analyst

Profesi selanjutnya yang juga memiliki prospek cerah di era modern saat ini adalah data analyst. Pekerjaan satu ini punya peran penting untuk menganalisis sebuah data sehingga dapat memberikan hasil maksimal kepada pekerjaan lainnya. Kebutuhan ahli analitik di setiap kantor kian berkembang.

Seorang ahli data analitik juga ada ragamnya mulai dari menganalisis, mengumpulkan, sampai dengan menginterpretasikan. Permintaan yang terus meningkat di berbagai sektor sehingga karir dari ahli analisis pun semakin berkembang.

Content Marketing Specialist

Content Marketing Specialist

Dalam dunia digital pemasaran produk memainkan peran penting. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, tentu seseorang harus bisa beradaptasi. Content marketing specialist, memberikan banyak sekali kesempatan dalam mengkreasikan sebuah konten. Tugas utamanya jelas membuat, mengelola, sampai mendistribusikan konten dengan tingkat relevan tinggi.

Tentu saja pembuatan konten harus mencapai target audiens. Content marketing specialist juga memiliki tugas penting untuk menciptakan strategi jitu dalam membangun blogging, video, konten multimedia sampai dengan mengoptimalkan engagement traffic website atau sebuah business platform yang sesuai.

UX/UI Designer

UX UI Designer

Pekerjaan berikutnya adalah UI/UX Designer yang memiliki kaitan erat dengan sebuah penggunaan atau pengalaman antarmuka. Merancang tampilan visual ketika proses pengembangan produk sangatlah penting. Produk digital dapat terlihat baik atau buruk dari pekerja UI/UX desainernya.

Tugas UX/UI desain ini memang sangat vital karena harus merancang sebaik mungkin serta interaktif dalam penampilan aplikasi sehingga sangat intuitif dan menarik. Peran penting lainnya dari UI/UX design adalah menciptakan produk semaksimal mungkin dari sisi visual sehingga dapat terlihat indah.

 

Leave a Reply