LabInc Kampus Merdeka

Macam-Macam Organisasi di Universitas Sumatera Utara

Mahasiswa sebagai bagian dari agent of change adalah kesempatan untuk bereksperimen dengan diri sendiri. Kalian bisa mengaktualisasikan diri, mengembangkan kemampuan diri dan berkarya dengan bergabung dalam organisasi di Kampus. Apalagi jika kalian kuliah di Universitas Sumatera Utara, tentunya kalian memiliki banyak pilihan untuk mengikuti berbagai organisasi.

Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di Universitas Sumatera Utara

Ini USU Bung, Kampus Tertua di Luar Pulau Jawa - Regional Liputan6.com

Mahasiswa merupakan kelompok kecil dari generasi muda yang berkesempatan mengenyam pendidikan formal di perguruan tinggi. Dunia kampus bukanlah sebatas arena bagi mahasiswa untuk menimba ilmu saja. Jika di masa putih abu-abu kalian berpikir jadi mahasiswa itu belajar untuk mendapatkan IPK yang bagus, lulus tepat waktu, kemudian wisuda dilanjut bekerja, maka tamatlah riwayatmu.

Wadah mahasiswa untuk berekspresi di kampus selain dalam kegiatan akademis adalah organisasi mahasiswa. Terdapatnya organisasi-organisasi kemahasiswaan intra maupun ekstra di USU, baik pada tingkatan Universitas maupun tingkat Fakultas. berikut macam-macam organisasi di Universitas Sumatera Utara.

Organisasi Intra di Universitas Sumatera Utara

Organisasi kemahasiswaan di Universitas Sumatera Utara biasa disingkat ORMAWA USU diatur dalam tata laksana organisasi mahasiswa (TLO) USU. Terdapat beberapa organisasi mahasiswa intra, antara lain:

  1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas (MPMU)

Merupakan organisasi tingkat universitas dan lembaga legislatif tertinggi di dalam organisasi mahasiswa USU. Fungsi dari MPMU adalah sebagai wadah aspirasi mahasiswa. Keanggotaan MPMU ditetapkan berdasarkan jumlah perolehan suara yang diraih kelompok aspirasi mahasiswa.

  1. Pemerintahan Mahasiswa (PEMA USU)

Berkedudukan ditingkat universitas sebagai pemegang kekuasaan eksekutif tertinggi di organisasi mahasiswa USU. PEMA USU ini berfungsi sebagai lembaga eksekutif yang melaksanakan kegiatan mahasiswa. Kepengurusan PEMA USU terdiri dari Presiden, Wakil Presiden, Menteri-Menteri yang mengepalai Departemen-Departemen. Masa kepengurusan PEMA USU adalah satu periode kepengurusan (1 tahun).

  1. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit kegiatan mahasiswa merupakan organisasi spesialis minat dan bakat. Terdapat sejumlah bidang dalam UKM universitas di USU, yaitu sebagai berikut:

  1. Bidang Olahraga
  2. Bidang Bela Diri
  3. Bidang Kerohanian
  4. Bidang Keorganisasian
  5. Bidang Sains dan Teknologi
  6. Bidang Pekan Kreatifitas Mahasiswa
  7. Unit Lembaga Kesenian (ULK)
  8. Unit Debat Bahasa
  9. Unit Pengabidan pada Masyarakat
  10. Student Entrepreneurship Center (SEC)
  11. Bidang Pelayanan Konsultasi dan Bimbingan Mahasiswa (UPKBM)
  12. Bidang Jurnalistik
  13. Bidang Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (ITIKOM)

Fungsi dari ukm ini sebagai wadah penyaluran minat, bakat, keagamaan mahasiswa USU. Kedudukan UKM Universitas berada di bawah kordinasi PEMA USU.

Organisasi Intra di Setiap Fakultas Universitas Sumatera Utara

Terdapat sejumlah organisasi intra pada setiap fakultas antara lain:

  1. Majelis Perwakilan Mahasiswa Fakultas (MPMF)

Merupakan organisasi di tingkat fakultas dan merupakan lembaga legislatif tertinggi di tingkat organisasi mahasiswa. Fungsi dari MPMF ini adalah sebagai wadah aspirasi mahasiswa, sebagai lembaga yang menjalankan fungsi legilasi dan lembaga yang menjalankan pengawasan eksekutif. Keanggotaan MPMF ditetapkan berdasarkan jumlah perolehan suara yang diraih kelompok aspirasi mahasiswa (KAM).

  1. Pemerintahan Mahasiswa Fakultas (PEMA)

Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) di tingkat fakultas sebagai pemegang kekuasaan eksekutif tertinggi di organisasi Fakultas. Fungsi PEMA Fakultas ini adalah sebagai pemegang eksekutif untuk menjabarkan serta melaksanakan garis besar program kerja organisasi fakultas, dan sebagai lembaga eksekutif yang melaksanakan kegiatan mahasiswa di tingkat fakultas.

Kepengurusan PEMA fakultas terdiri dari Gubernur, Wakil Gubernur serta bidang-bidang kepengurusuan. Masa jabatan PEMA fakultas yaitu satu periode kepengurusan (1 tahun).

  1. Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD)

Merupakan lembaga eksekutif tertinggi pada tingkat organisasi mahasiswa di departemen. Fungsi dari HMD adalah sebagai wadah pengembangan profesi mahasiswa sesuai bidang keilmuannya, dan sebagai wadah aspirasi mahasiswa di tingkat departemennya.

 

Organisasi Ekstra di Univesitas Sumatera Utara

Organisasi ekstra di USU beraktifitas di kampus dan mengambil peran sebagai organisasi mahasiswa yang mengisi kehidupan mahasiswa di kampus USU. Terdapat beberapa organisasi ekstra yang beraktifitas di USU, yang terbagi ke dalam dua jenis yaitu berdasarkan kepercayaan atau ideologi tertentu dan berdasarkan kedaerahan atau organisasi primordial.

Organisasi Ekstra Berdasarkan Kepercayaan atau Ideologi Tertentu

Berikut nama organisasi ekstra di Universitas Sumatera Utara berdasarkan kepercayaan atau ideologi tertentu:

  1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
  2. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)
  3. Front Mahasiswa Nasionalis (FMN)
  4. Gerakan Mahasiswa Marhaen Indonesia (GMMI)
  5. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)
  6. Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM)
  7. Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)

Organisasi Ekstra Berdasarkan Kedaerahan atau Organisasi Primordial

Berikut nama organisasi ekstra di Universitas Sumatera Utara berdasarkan Kedaerahan atau Organisasi Primorial:

  1. Generasi Muda Nias (GEMA NIAS)
  2. Forum Mahasiswa Nias (FORMAN)
  3. Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol (IMIB)
  4. Keluarga Mahasiswa JABODETABEK (KMJ)
  5. Ikatan Pemuda Tanah Rencong (IPTR)
  6. Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Riau (IPMR)
  7. Ikatan Mahasiswa Padang Sidempuan (IMAKO PASID)
  8. Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Duri (IKAPEMADU)
  9. Ikatan Mahasiswa dan Pemuda 50 Kota (IMAPALIKO)
  10. Ikatan Mahasiswa Jambi (IMAJA)
  11. Ikatan Mahasiswa Simalungun (IMAS)
  12. Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA)

 

Banyak sekali organisasi di Universitas Sumatera Utara yang dapat diikuti. Kalian bisa memilih lebih dari satu organisasi, asal bisa membagi waktu dan pikiran kalian. Dan tentunya banyak memiliki manfaat bagi mahasiswanya masing-masing. Kalian juga bisa melihat manfaat mengikuti organisasi kampus di sini.

 

Leave a Reply