Tips & Tutorial

Memilih Perangkat Musik DJ Bagi Pemula

DJ Controller merupakan perangkat musik DJ eksternal yang dihubungkan kekomputer untuk meniru setup DJ tradisonal dan berbagai alur kerja musik. Kamu bisa scartching, mixing, kontrol efek dan navigasi melalui library kamu yang ada di komputer dengan DJ Controller yang hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sebagian berfungsi sebagai perangkat all-in-one dan sebagian lagi tediri dari kontrol khusus seperti FX control gear, mixer maupun scratching platter standalone.

dj-system-11335
DJ Controller Bagi Pemula

Bagi DJ pemula lebih disarankan menggunakan DJ controller all-in-one yang umumnya kompatibel dengan sebagian besar software DJ. Beberapa brand memiliki software sendiri dan gear yang dibuat khusus untuk program mereka antara lain Serato DJ dan Native Instruments Traktor. Mereka membuat fitur dan tombol tertentu yang fungsi kontrolnya hanya bisa dilakukan software miliknya dan ini biasanya ditujukan bagi pengguna mahir dan tidak direkomendasikan bagi pemula.

Pertimbangan Memilih Dj Controller

NI_Traktor_Kontrol_S2_MK2
Perlengkapan DJ
  • Anggaran: Kisaran harga DJ Controller cukup beragam, sehingga sangat tergantung berapa anggaran yang ingin kamu habiskan untuk memperolehnya. Jadi bagi para pemula lebih disarankan untuk memilih DJ Controller dengan harga terjangkau.
  • Fungsi yang kamu butuhkan: Beragagam kebutuhan DJ mulai dari scratch plate, interface audio built-in, faders, knob, slider untuk efek, pad performace atau mungkin ada banyak lagi fitur control eksternal yang mungkin ingin kamu peroleh dari sebuah controller.
  • Software DJ yang kamu gunakan: Beberapa controler bersifat universal dan bekerja dengan semua software DJ dan lainnya dibuat khusus untuk software tertentu.

Tiga DJ Controller yang di Sarankan Bagi DJ Pemula

1. Behringer CMD Studio 4A

Behringer CMD Studio 4A
Behringer CMD Studio 4A

Behringer merupakan salah satu merk alat musik favorit karena mereka sangat serius dalam menghasilkan produknya. Meski harganya terjangkau, namun kamu akan memperoleh controller yang solid dan mesin tahan lama tanpa banyak sesuatu yang mewah melekat dicontroller. Fitur terbaik pada DJ controller satu ini ialah 4-deck control dan audio interface bult-in yang memberikan kamu bit audio rekaman suara berkualitas. Behringer melengkapinya dengan software yang disebut Deckadance LE software yang kompatibel dengan berbagai  controller lain bila kamu memiliki workstation berbeda. Touch sensitive platter berukuran 6” juga sangat mengagumkan saat kamu mencoba melakukan scratching

2. Pioneer DDJ-SB

Pioneer DDJ-SB (Blue)

Pioneer juga sangat dicintai karena selalu menghasilkan produk alat musik yang handal. Pioneer DDJ-SB merupakan DJ controller buat kamu yang ingin menguasai fitur lebih beragam. Controler ditenagai USB dan memiliki sound card built-in sekaligus menawarkan kamu beberapa fungsi tambahan seperti filter fade, hot cue, manual loop dan sampler fungtion. Menariknya lagi Pioneer menyertakannya dengan Serato DJ intro, sehingga kamu bisa merasakan salah satu software DJ yang bisa dibilang paling populer didunia.

3. Native Instruments Traktor Kontrol S2 MK2

Native Instruments Traktor Kontrol S2 MK2

Sulit menghitung berapa banyak controller NI yang bisa dihasilkan dari software Traktor mereka. Selain software Traktor DJ yang terkenal, mereka akan memberikan kamu sejumlah hands-on control yang benar-benar bagus. Selain itu kamu akan memperoleh input michrophone, manajemen lagu dengan integrasi iTunes langsung dan banyak lagi antara lain berfungsi dengan baik dengan software iPad dan iPhone bila kamu tertarik dengan itu.

Sebagian mungkin lebih menyukai Traktor dan begitu menginginkan Serato DJ. Bila kamu seorang DJ pemula, memilih salah satu DJ controller diatas kemudian mencoba software trial yang diinginkan bisa jadi merupakan solusi terbaik.

See More: Perlengkapan DJ

1 Comment

Leave a Reply