Tips & Tutorial

Menjadi Pemusik Handal dengan Yamaha Monitor Speaker System HS7

Buat kamu yang berniat memperbarui speaker studio musik atau ruang latihan DJ dirumah, atau mungkin ingin berkarya lebih jauh dengan memproduksi musik sehingga butuh speaker monitor yang lebih atau bahkan mungkin ingin membeli sesuatu sesuatu yang lebih profesional, Yamaha HS7 menjadi salah satu model yang patut dipertimbangkan, berikut ulasan produk tersebut.

preview

Kesan Pertama

HS7 merupakan speaker hitam berukuran sedang dengan cone wooper putih berukuran 6.5” dan ini merupakan ukuran yang sempurna. Pada bagian belakang terdapat lubang untuk memaksimalkan efek bass dan sejumlah control standar seperti input 1/4” dan XLR, volume, on/off dan attenuator switch tiga arah untuk mengatur bass dan treble dan terlihat pula sirip pendingin dibagian belakang. Setiap speaker memiliki bobot 8kg dengan output 95W dan secara umum terlihat memiliki kualitas sangat baik.

Ujicoba

hs7-6Menggunakan HS7 membuat kegiatan bermusik sepertinya semakin menyenangkan terlihat dari kekaguman seorang DJ yang menguji kemampuan speaker. Ia mengujinya dengan  software controller Traktor Kontrol  DJ S8 dan memainkan MP3, WAV dan AAC melalui Yamaha secara EDM (Electronic Dance Music), serta menggunakannya untuk memainkan musik dari vinyl, CD dengan non-EDM. Semua terdengar sangat baik dan suara bass cukup dalam sehingga kamu benar-benar tidak membutuhkan lagi subwoofer terpisah. Suara yang dihasilkan secara keseluruhan sangat sesuai dengan aslinya, sehingga membuatnya yakin musik yang dihasilkan terdengar sama baiknya melalui earbud maupun tempat kamu tampil sebagai DJ.

Meski ditemukan suara mid yang kurang menonjol seperti dihasilkan beberapa speaker terutama ditujukan untuk DJ, serta suara pukulan yang tidak sama persis pada suara bass tinggi dan perkusi rendah, namun ini dianggap sebagai refleksi paling benar dari sumber materi. Suara yang dihasilkan akan terasa berbeda bila sebelumnya telah menggunakan model lain seperti NS10 dari Yamaha. HS7 menangani tugas speaker monitor studio maupun DJ diruangan ukuran menengah dengan sangat baik.

Kesimpulan

Yamaha HS7 merupakan produk bagus dan cukup diminati olah para DJ dan produser musik. Bahkan Suara yang dihasilkan benar-benar lebih berwarna dari monitor yang secara jelas ditujukan untuk DJ. Ukurannya sangat pas untuk sebagian besar studio rumahan dan dirancang penggunaannya pada ruangan berukuran menengah, sekaligus makin praktis karena mampu menghilangkan kebutuhan akan sub-woofer tersendiri. Yamaha HS7 tidak diragukan lagi menjadi salah satu produk yang direkomendasikan masuk dalam daftar belanja perlengkapan studio kamu.

Leave a Reply