bhinneka kerjasama pemkot ternate
Bhinneka Events Seputar Bhinneka

Pemkot Ternate dan Bhinneka meluncurkan Marketplace “MILIK TERNATE”

Dampak pandemi terhadap perekonomian yang menerpa UMKM menjadi perhatian Pemkot Ternate. Untuk itu, Pemkot Ternate menggandeng Bhinneka.Com meluncurkan Marketplace atau lokapasar “MILIK TERNATE” yang segera dapat ditilik di milikternate.bhinneka.com sebagai solusi pengembangan usaha dan fasilitas pemasaran produk lokal terbaik UMKM Kota Ternate.

bhinneka kerjasama pemkot ternate

Di sisi lain, keberadaan lokapasar ini bertujuan untuk mendorong terjadinya transformasi digital, sekaligus memfasilitasi para pelaku UMKM dalam memaksimalkan benefit ekonomi formal. Beberapa di antaranya seperti status legal yang memudahkan akses modal, integrasi data, dan peluang lebih besar untuk pemasaran lebih luas ke perusahaan besar maupun pemerintahan yang membutuhkan volume tinggi.

Menurut data Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Ternate, terdapat sekitar 13.000 pelaku UMKM yang bergerak di sektor perikanan, dengan produk jadi berupa makanan dan minuman kemasan dan kerajinan tangan.

Sehingga untuk memperluas potensi pasar bagi UMKM Kota Ternate kepada masyarakat lokal maupun di seluruh Indonesia yang ingin berbelanja, nantinya bisa langsung melakukan transaksi melalui lokapasar milikternate.bhinneka.com.

Tak hanya itu, menyadari bahwa produksi, pemasaran, dan permodalan masih menjadi permasalahan utama yang dihadapi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, ditambah pemahaman pemanfaatan dunia digital yang masih rendah, maka Pemkot Ternate bersama Bhinneka.Com sepakat untuk menjalankan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan. Sehingga mendorong munculnya produk lokal dengan kualitas bersaing yang menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Ternate yang secara aktif mendorong perkembangan UMKM setempat. Lokapasar Milik Ternate di Bhinneka.Com nantinya dapat menjadi solusi dalam mencetak produk yang bersaing, perluasan pemasaran sekaligus permodalan bagi para pelaku UMKM dalam koridor ekonomi formal, sejalan dengan target pemerintah untuk digitalisasi UMKM. Kami targetkan pelaku UMKM Ternate nantinya dapat bergabung di lokapasar Milik Ternate ini,” ujar Vensia Tjhin selaku Chief of Commercial & Omnichanel

Bhinneka.Com. Ia menambahkan, langkah strategis ini sesuai dengan arahan Presiden RI untuk menjadikan UMKM sebagai rantai pasok produksi. Selanjutnya, kerjasama ini akan membuka akses masyarakat dan pemerintah ke produk terbaik UMKM Ternate.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mendorong setiap UMKM untuk dapat membuka pintu bagi transformasi digital. Beliau menekankan transformasi digital sebagai pintu bagi UMKM agar bisa masuk dalam lokapasar dan menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global.

Sejalan dengan misi tersebut, Bhinneka.Com ingin membuka pintu seluas-luasnya bagi para UMKM Indonesia, dimulai dengan UMKM Kota Ternate.

“Kerja sama lokapasar ini senada dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Ternate. Di mana melalui transformasi digital dan pemanfaatan teknologi, para pelaku UMKM di Ternate bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dan juga memperkuat kualitas dan sumber daya dari berbagai sisi. Maka dari itu, kami sangat mengapresiasi Bhinneka.Com yang telah memfasilitasi teknologi lokapasar MILIK TERNATE untuk membantu peningkatan pendapatan UMKM Ternate yang terdampak oleh pandemi,” ujar Wali Kota Ternate, Dr. H. M. Tauhid Soleman, M.Si.

Wali Kota Ternate menambahkan bahwa kerja sama ini senada dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah terutama dalam memperkuat UMKM lokal dan mengembangkan bisnisnya. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Ternate juga mengajak jajarannya untuk bertindak selaku PR (Public Relations) dalam memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Ternate, serta mendorong dinas terkait; Dinas Koperasi dan UKM, Disperindag, dan Dekranasda agar segera menindaklanjuti dan merealisasikan kerja sama ini.

Bhinneka.Com saat ini adalah Super Business Ecosystem di Indonesia yang memiliki jutaan klien korporat dan pemerintah. Ini menjadi peluang yang sangat baik untuk UMKM meraup pasar yang lebih bonafide dan masuk ke ekonomi formal.

Ekosistem Bhinneka.Com diyakini dapat membantu permasalahan UMKM dari hulu ke hilir, mulai dari masalah bahan mentah, masalah modal hingga hukum. Terbaru, Bhinneka.Com bekerja sama dengan Kontrak Hukum untuk menghadirkan solusi bagi kebutuhan dokumen legal untuk UMKM dan startup.

Leave a Reply