Korporasi Pemerintah Solusi B2B UMKM

Penyebab Laptop Kerja Cepat Panas

Laptop kerja cepat panas seringkali menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh karyawan. Laptop yang panas akan mempengaruhi performa dari laptop secara keseluruhan. Biasanya kinerja laptop akan melambat dan tidak jarang menjadi error dan perlu di-restart.

Permasalahan lain yang kerap menyertai masalah laptop cepat panas adalah suara bising atau kencang yang ditimbulkan oleh kipas (fan) laptop. Hal ini biasanya dikarenakan kipas laptop bekerja secara keras untuk berusaha mendinginkan laptop.

Masalah – masalah ini seringkali menghambat kerja karyawan dan berujung pada kinerja yang tidak produktif. Pada artikel ini kita akan membahas apa saja penyebab dari laptop kerja di kantor dan perusahaan cepat panas.

Penyebab Laptop Kerja Cepat Panas

Perawatan dan penggunaan laptop menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kinerja dan kesehatan laptop. Kondisi laptop cepat panas menjadi kendala saat beraktivitas memakai laptop, terutama saat bekerja di kantor.

Selain mempengaruhi performa, jika dibiarkan terus menerus, dapat menyebabkan usia pakai laptop yang menjadi lebih pendek dan cepat rusak. Akibatnya perusahaan perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk mengganti unit laptop.

penyebab laptop cepat panas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop cepat panas, antara lain:

Jarang Dibersihkan

Laptop yang jarang dibersihkan menjadi salah satu penyebab utama laptop menjadi cepat panas. Hal ini dikarenakan debu – debu akan menempel dan menumpuk, bahkan tidak jarang menutupi lubang ventilasi laptop, sehingga hawa panas tidak dapat keluar.

Salah satu kendala yang seringkali terjadi di kantor dan perusahaan adalah jarangnya perawatan rutin yang dilakukan terhadap unit kerja milik karyawan. Hal ini membuat keluhan laptop cepat panas seringkali terjadi.

Kipas (Cooling Fan) Laptop yang Tidak Berfungsi

Kipas laptop atau cooling fan yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan laptop menjadi panas. Hal ini dikarenakan kipas tidak dapat bekerja optimal untuk mendinginkan laptop. Salah satu contoh permasalahan yang sering dialami adalah terlalu banyak debu dan kotoran yang menempel pada baling – baling kipas sehingga proses pendinginan tidak optimal.

Selain itu, kipas laptop juga dapat tidak berfungsi salah satunya disebabkan adanya masalah atau kerusakan seperti putusnya kabel kipas.

Thermal Paste Kering / Tidak Diganti

Thermal paste merupakan pasta atau gel yang biasanya dioleskan pada permukaan prosesor atau heatsink yang berfungsi agar panas pada laptop dapat tersebar dengan lebih baik. Hal ini dapat membantu menjaga agar laptop tetap dingin dan berfungsi optimal.

Thermal paste pada laptop lama yang sudah lama digunakan bisa saja sudah kering dan tidak dapat menghantarkan panas dengan baik lagi sehingga perlu dioleskan thermal paste baru.

Posisi Peletakan Laptop yang Salah

Posisi laptop yang salah saat bekerja juga dapat membuat laptop cepat panas. Umumnya hal ini terjadi apabila lubang pembuangan atau ventilasi hawa panas pada laptop tertutup sehingga aliran udara panas pada laptop terhambat dan tidak bisa keluar.

laptop contract maintenance

Solusi Layanan Contract Maintenance untuk Laptop Kantor

Bhinneka menawarkan jasa perawatan laptop dan komputer berbasis kontrak. Cocok untuk Anda yang ingin menjaga perangkat kerja di kantor tetap optimal dan awet untuk jangka panjang.

Layanan kontrak perawatan komputer atau computer contract maintenance adalah layanan perawatan unit kerja kantor atau perusahaan berupa Desktop dan Laptop secara berkala dengan sistem kontrak.

Dengan menggunakan layanan kontrak, Anda mendapat sejumlah keuntungan seperti:

  1. Waktu perawatan teratur untuk unit kerja kantor sehingga terbebas dari masalah dan produktivitas karyawan optimal
  2. Jaminan respon cepat jika terjadi masalah pada unit kerja
  3. Perawatan rutin dapat membuat unit kerja menjadi lebih awet
  4. Perawatan kontrak dapat membantu menghemat biaya operasional

Jarangnya atau sulitnya menjadwalkan serta melakukan perawatan rutin pada unit kerja di kantor dapat diatasi dengan menggunakan layanan maintenance kontrak untuk perawatan komputer Bhinneka. Benefit yang Anda dapatkan berupa*:

  1. Pembersihan debu & kotoran untuk Laptop dan CPU
  2. Gratis penggantian Thermal Paste
  3. Gratis PC Health Checking
  4. Layanan antar jemput bila unit bermasalah

*Untuk lebih jelas terkait dengan solusi layanan Computer Contract Maintenance dapat Anda pelajari dengan lebih lengkap pada halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Reply