Korporasi Pemerintah Solusi B2B UMKM

Sistem Manajemen Armada Pengertian dan Fungsinya

Sistem Manajemen Armada atau Fleet Management System merupakan salah satu unsur penting yang perlu dipahami dan diterapkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang operasional, terutama perusahaan yang memiliki armada kendaraan sendiri.

Manajemen armada yang tidak efisien dan tidak berjalan dengan baik bisa menyebabkan operasional kendaraan menjadi tidak produktif dan tidak jarang menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Selain itu, dengan menerapkan manajemen armada secara tepat, perusahaan dapat melakukan evaluasi berbasiskan data operasional armada, sehingga keputusan yang diambil akan lebih tepat sasaran.

manajemen armada

Pengertian Sistem Manajemen Armada

Manajemen armada merujuk pada kegiatan mengelola sejumlah armada kendaraan seperti mobil, truk, motor, kapal, dll dalam suatu perusahaan di berbagai bidang industri dan bisnis. Adapun kegiatan dalam manajemen armada mencakup banyak hal seperti:

  1. Perencanaan rute armada
  2. Perencanaan utilisasi aset kendaraan
  3. Pengorganisasian aset kendaraan dan pengemudi
  4. Pemantauan operasional armada
  5. Penjadwalan pemeliharaan armada

Pentingnya Sistem Manajemen Armada yang Terpadu

Perusahaan yang berkembang tentunya memiliki armada yang tidak sedikit jumlahnya. Jumlah armada yang besar dan beragam, serta banyaknya variabel yang perlu dipantau dan dievaluasi tentunya membuat manajemen armada tidak efektif apabila dilakukan secara manual tanpa adanya sistem yang terintegrasi.

Guna mengatasi ini, perusahaan dapat menerapkan serta mengintegrasikan Sistem Manajemen Armada atau Fleet Management System yang terpadu dalam operasional armada mereka. Sistem Manajemen Armada atau Fleet Management System / FMS adalah solusi teknologi informasi untuk membantu perusahaan atau organisasi dalam mengelola dan mengawasi armada berupa kendaraan atau aset perusahaan agar lebih optimal.

Mengapa Sistem Manajemen Armada itu Penting

Dalam mengelola sejumlah armada kendaraan yang dimiliki perusahaan, tentu akan terdapat hambatan dan masalah apabila dilakukan secara manual dan tidak tersistem dengan baik. Masalah – masalah yang umum terjadi antara lain:

  1. Tidak bisanya perusahaan melacak posisi armada kendaraan secara real time
  2. Sulit memantau perilaku pengemudi saat membawa kendaraan
  3. Rute yang ditempuh oleh armada tidak efisien sehingga waktu terbuang dan konsumsi bahan bakar meningkat
  4. Kesulitan dalam melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja armada
  5. Meningkatnya biaya bensin, lembur, dan asuransi yang terkait dengan operasi armada
  6. Perusahaan sulit mengambil keputusan yang tepat terkait peremajaan kendaraan
  7. Sulitnya melakukan forecasting bisnis dengan data seadanya dan tidak lengkap

Dengan FMS atau Fleet Mangement System yang terpadu, masalah – masalah di atas dapat diatasi. Misalnya saja, FMS dapat menyampaikan data berupa posisi armada, identitas pengemudi, perilaku pengemudi, tingkat konsumsi bahan bakar, delivery tracking serta data lain yang diperlukan untuk mengoptimalkan pengelolaan armada.

Fleet Management System sendiri dapat diterapkan untuk berbagai bidang industri dengan kendaraan atau armada yang beragam, misalnya saja digunakan untuk perusahaan logistik, transportasi umum seperti bus dan taxi, armada kendaraan berat di area konstruksi atau pertambangan.

Dengan sistem manajemen armada, Anda juga dapat mengatur pengiriman report berkala secara otomatis. Anda dapat menjadwalkan jenis report dan kapan report tersebut dikirim.

Kelola Armada dengan Fleet Management System yang Intuitif

Bhinneka menawarkan sistem dan layanan manajemen armada untuk memudahkan Anda mengelola armada perusahaan. Dengan adanya Fleet Management System (FMS) yang ditawarkan Bhinneka, Anda bisa memantau dan mengelola operasional kendaraan untuk berbagai bisnis yang memiliki atau mengelola moda transportasi darat dan laut dengan efisien dan optimal.

FMS Bhinneka dapat menyampaikan data berupa posisi armada, identitas pengemudi, perilaku pengemudi, tingkat konsumsi bahan bakar, delivery tracking serta data lain yang diperlukan untuk mengoptimalkan pengelolaan armada. Minimalisir risiko kecelakaan dan pangkas biaya operasional armada perusahaan Anda sekarang dengan Fleet Management System. Pelajari lebih lanjut dan hubungi kami pada halaman berikut ini

Leave a Reply