Manfaat Cloud untuk layanan kesehatan data pasien
Korporasi Solusi B2B

8 Manfaat Teknologi Cloud untuk Layanan Kesehatan

Cloud sudah terbukti memberi manfaat ke banyak jenis industri, salah satunya layanan kesehatan. Teknologi cloud untuk layanan kesehatan banyak membawa manfaat signifikan untuk mengurangi biaya, keamanan lebih ketat, meningkatkan layanan pasien, dan kolaborasi antar tenaga medis tanpa terbatas jarak dan waktu. Semua manfaat tersebut didapatkan sambil memastikan kepatuhan regulasi dan kebijakan privasi data kesehatan.

Teknologi cloud atau komputasi awan memungkinkan layanan kesehatan untuk mengatasi tantangan lama yang mahal saat menggunakan teknologi komputasi tradisional. Teknologi cloud untuk layanan kesehatan juga bantu percepatan digitalisasi pelayanan kesehatan. Ini membuatnya cocok digunakan oleh rumah sakit, puskesmas, klinik, dan startup di bidang kesehatan.

Implementasi Cloud untuk layanan kesehatan memberikan banyak manfaat yang signifikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat terbesar untuk industri kesehatan:

1. Mengurangi Biaya Penyimpanan Data Pasien

Manfaat terbesar cloud untuk layanan kesehatan adalah efisiensi biaya. Cloud memungkinkan industri kesehatan bisa mengurangi biaya penyimpanan data dibanding memelihara sistem lokal yang mahal dan rumit. Layanan cloud membantu kelola administrasi, penyimpanan data, serta mengurangi biaya peralatan dan infrastruktur IT. Anda bisa mengalihkan biaya besar untuk hal lain yang lebih penting untuk memberi pelayanan terbaik ke pasien.

Manfaat Cloud untuk layanan kesehatan data pasien

Ditambah lagi, fitur keamanan yang ditawarkan oleh cloud memungkinkan industri kesehatan bisa menghindari kemungkinan melanggar hukum atau undang-undang kesehatan di Indonesia. Contohnya, kewajiban untuk simpan rekam medis, laporan laboratorium, hasil scan MRI dan CT Scan, dan lainnya. Jika menggunakan teknologi lama Anda harus siapkan ruang khusus server. Berkat cloud, Anda tidak perlu ruang khusus itu dan bisa digunakan untuk menambah layanan kesehatan.

2. Akses Data Mudah Dari Mana Saja

Cloud memungkinkan penyimpanan data medis yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Pemilik bisnis juga bisa memberikan hak akses ke siapa yang berwenang. Kemudahan akses data rekam medis membantu tenaga medis untuk bertukar data antar fasilitas kesehatan. Data di cloud umumnya disimpan dalam bahasa umum, seperti JSON, XML, HL7, dan FHIR. Hal ini memungkinkan sistem berkomunikasi satu sama lain supaya mudah diakses kapan saja dan berbagai industri rekanan Anda.

3. Dukungan Teknologi AI dan ML

Teknologi cloud dapat memproses kumpulan data besar dari banyak sumber. Dukungan Artificial Intelligent (AI) dan Machine Learning (ML) didesain untuk mengoptimalkan operasional layanan kesehatan. AI dapat menganalisa data rekam medis, hasil lab, dan catatan medis di cloud. Setelah itu, AI akan identifikasi pola dan membuat prediksi tentang diagnosa dan merekomendasikan perawatan yang tepat.

Manfaat Cloud untuk industri kesehatan dengan AI dan ML

Teknologi Machine Learning membantu penyedia layanan kesehatan dengan identifikasi pasien yang memiliki risiko besar pada kondisi kesehatan tertentu. Industri kesehatan bisa memberi penanganan lebih awal dan pengobatan lebih proaktif. Kombinasi AI dan ML digunakan untuk analisa riset medis, bantu identifikasi pola yang sulit dilakukan secara manual, dan mempercepat proses pengembangan obat baru (khusus industri obat).

4. Menjamin Keamanan Data Pasien

Rekam medis tradisional dari kertas sangat rawan disalahgunakan. Data sepenting itu bisa hilang dicuri atau rusak akibat bencana kebakaran. Fasilitas rekam medis elektronik (EMR) dapat mengurangi risiko tersebut, namun Anda masih perlu staf IT untuk memastikan data pasien tetap aman. Pelanggaran privasi data dapat merugikan bisnis dan menghilangkan kepercayaan pasien.

Layanan cloud lebih aman dibanding server yang dikelola sendiri. Anda masih bisa meningkatkan keamanan cloud dengan membatasi akses ke dokumen tertentu, aktifkan enkripsi data, aktifkan autentikasi, menetapkan peran untuk setiap akun, rutin mengganti password, dan menjaga kerahasiaan akses untuk mencegah peretasan. Walau cloud sudah aman, manajemen harus memahami manajemen akses dan kurangi kesalahan konfigurasi.

5. Meningkatkan Kepuasan Pasien dan Dokter

Teknologi cloud dipersiapkan untuk sistem pelayanan kesehatan virtual. Pasien bisa terhubung dengan tenaga medis kapan dan dari mana saja. Layanan virtual bisa digabungkan dengan pelayanan langsung di rumah sakit. Anda juga bisa menambahkan Contact Center berkat bantuan AI untuk meningkatkan layanan dengan cepat sekaligus mengurangi biaya.

Manfaat Cloud untuk keamanan data pasien

Cloud untuk layanan kesehatan juga dapat mengurangi kelelahan tenaga medis. Alur kerja bisa dirampingkan dan jadwal kerja bisa diatur lebih mudah. Fitur Speech Recognition bisa digunakan untuk membantu dokter mencari informasi lebih cepat. Dokter tidak perlu input catatan ke dalam sistem sehingga waktu konsultasi pasien lebih cepat dan mempercepat antrian.

6. Cloud untuk Layanan Telemedis

Layanan telemedis booming saat pendemi Covid 19. Untuk rumah sakit yang sudah mengadopsi teknologi cloud, bisnis dapat terus berjalan karena pasien tetap dapat berkonsultasi tanpa harus ke rumah sakit. Kekhawatiran tertular penyakit membuat banyak orang memilih layanan kesehatan melalui teknologi komunikasi.

 

Berkat cloud, rumah sakit bisa memberikan kenyamanan, menghemat biaya, dan menambah jenis layanan di saat khusus. Industri kesehatan bisa tetap melayani berbagai kebutuhan pasien dari berbagai daerah, status ekonomi, dan kebutuhan yang berbeda-beda. Aksesbilitas jarak jauh oleh teknologi cloud meningkatkan kemampuan telemedis industri layanan kesehatan.

7. Mitigasi Penyebaran Penyakit Berbahaya

Teknologi cloud sangat membantu dalam memajukan hasil penelitian di bidang medis. Komputasi canggih, solusi penyimpanan besar, dan database hemat biaya memudahkan peneliti mengembangkan obat baru. Peneliti bisa menganalisa data besar dalam ukuran petabyte. Teknologi AI, ML, dan komputasi kuantum membantu peneliti menemukan obat baru dari suatu penyakit. Setiap peneliti juga bisa saling berbagi hasil penelitiannya ke banyak kontributor di seluruh dunia.

Cloud untuk layanan kesehatan pasien

8. Manajemen Sumber Daya Industri Kesehatan

Teknologi cloud untuk layanan kesehatan membantu rumah sakit untuk mengelola sumber daya. Akses cepat dan mudah ke komputasi berbasis cloud bisa digunakan untuk bantu mengelola pendapatan dari jasa layanan kesehatan. Anda juga bisa manfaatkan cloud untuk perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) untuk bantu kelola berbagai hal operasional, seperti inventaris obat dan peralatan medis untuk mencegah kekurangan stok atau pemborosan sumber daya.

Cloud untuk manajemen rumah sakit

Implementasi Layanan Cloud untuk Industri Kesehatan

Bhinneka menghadirkan solusi cloud untuk industri kesehatan dari Amazon Web Services (AWS). Kami bisa bantu implementasi teknologi cloud untuk bantu percepatan digitalisasi layanan kesehatan. Layanan ini cocok untuk rumah sakit, puskesmas, klinik, laboratorium dan produsen obat, dan Startup layanan kesehatan.

Cloud bantu data pasien tersimpan aman dan mudah diakses. Anda juga bisa manfaatkan cloud sebagai ERP untuk bantu kelola inventaris dan operasional pelayanan kesehatan. Cloud AWS juga berguna untuk peneliti medis agar bisa menemukan solusi penyakit baru lebih cepat. Berminat untuk implementasi sistem cloud di perusahaan Anda ? Segera hubungi tim kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply