mengatur waktu saat kuliah daring
LabInc Kampus Merdeka

Tips Mengatur Waktu Saat Kuliah Daring

mengatur waktu saat kuliah daring sangatlah penting. Entah disadari atau tidak, banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu dengan sekedar bermain gadget atau menikmati media hiburan sehingga tugas perkuliahan menjadi menumpuk. Padahal seharusnya mahasiswa di masa pandemi ini harus cermat dalam mengatur waktu agar tidak terbuang sia-sia.

Kuliah Daring

Semenjak Covid-19 masuk ke Indonesia, tatanan hidup manusia sangat berubah terutama dalam pendidikan. Ketika mendapatkan surat edaran bahwa kuliah akan dilaksanakan di rumah masing-masing, pasti ada rasa senang karena bisa bebas dari hiruk pikuk perkuliahaan. Karena adanya virus Covid-19, pemerintah memberikan himbauan untuk menerapkan social distancing, physical distancing atau bahasa zaman sekarang “di rumah aja”.

Pasti sekarang kalian mahasiswa merasa rindu dengan perkuliahan, jajan di kantin, nongkrong bareng teman ataupun mengerjakan tugas bersama. Mungkin sebagian mahasiswa kesal, karena kuliah harus jarak jauh.

Perkuliahan online ini mengharuskan kita untuk membeli paket kuota yang banyak, sinyal yang kuat dan kesiapan teknologi seperti laptop harus stand by setengah hari atau bahkan satu hari.

Akan tetapi, belajar dari pengalaman ternyata banyak dari kalangan mahasiswa yang kesulitan mengatur waktu selama kuliah daring. Kewajiban untuk membagi waktu antara kuliah, tugas tambahan, dan pekerjaan rumah menjadi tantangan tersendiri selama kuliah dari rumah aja.

Kadang kala kegiatan di rumah juga menyita cukup banyak waktu selama kuliah daring. Untuk itu penting untuk menjadwal ulang kegiatan ketika di rumah dan menyesuaikan dengan jadwal kuliah daring yang sering kali berubah-ubah.

Penulis akan mencoba memberi tips untuk mengatur waktu saat kuliah daring. Simak di bawah ini.

Tips Mengatur Waktu Saat Kuliah Daring

berikut 5 tips yang bisa kalian lakukan saat mengatur waktu saat perkuliahan daring.

  1. Gunakan Waktu Luang untuk Kegiatan yang Bermanfaat

mengatur waktu saat kuliah daring

Ketika Anda telah menjadwalkan kegiatan kuliah online Anda, Anda dapat melihat waktu dan kapan Anda mendapatkan waktu luang. Ada beberapa cara untuk mengisi kekosongan waktu, seperti membantu orang tua, mencoba hal baru, membaca buku yang belum dibaca, bermain dengan saudara kandung dan yang terpenting membuat keluarga kita bahagia dan senang di rumah.

 

  1. Jadwalkan Ulang Aktivitas Ketika di Rumah

mengatur waktu saat kuliah daring

Saat kuliah online diterapkan, jadwal perkuliahan pasti akan berubah, seperti peniadaan kegiatan praktikum, menambah jam kuliah online dan lain sebagainya. Ada baiknya kalian menulis jadwal perubahan kegiatan perkuliahan. Menjadwalkan kuliah ini agar Anda tahu kapan atau jam berapa Anda memiliki waktu luang, semua waktu luang Anda dapat digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

 

  1. Jangan Lupakan Berolahraga

mengatur waktu saat kuliah daring

Jangan sampai tubuh Anda tidak mendapatkan asupan olahraga, luangkan waktu untuk berolahraga, karena dengan physical distancing Anda terpaksa mengurangi aktivitas di luar rumah. Biasanya berolahraga pada saat car free day atau car free night, untuk itu anda harus berolahraga di rumah seperti push up, berjalan di koridor rumah, sit up, angkat beban atau sekedar naik turun tangga.

 

  1. Cobalah untuk Mengerjakan Tugas di Pagi Hari

mengatur waktu saat kuliah daring

Mengapa Anda harus mengerjakan pekerjaan rumah atau belajar di pagi hari? di pagi hari sangat dianjurkan untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas kuliah, karena menurut Dr. Menurut Jane Oakhill psikolog University of Sussex, membaca di pagi hari lebih baik untuk mengumpulkan informasi baru. Pagi adalah waktu terbaik untuk mengingat fakta dan angka.

 

  1. Beristirahat yang Cukup

mengatur waktu saat kuliah daring

Meskipun tugas kuliah kalian sangat banyak, kalian harus tetap menjaga kesehatan tubuh dengan beristirahat yang cukup. Karena, tubuh yang kurang beristirahat akan mudah terserang penyakit terutama virus Corona.

 

Itulah tips mengatur waktu yang bisa kalian lakukan ketika kalian kuliah dari rumah atau kuliah daring. Tetap jaga kesehatan dan juga tetap semangat belajar ya, teman-teman!

Stay healthy and safe while studying at home. Selamat mencoba.

Leave a Reply