Bhinneka Events LabInc Kampus Merdeka Seputar Bhinneka

Bhinneka dan UNIKOM Bandung Meluncurkan Unikommart

UNIKOM Bandung meluncurkan Unikommart ialah sebuah platform digital. Perkembangan ekonomi digital memang tidak bisa dihindari oleh masyarakat. Perkembangan digital yang tidak bisa terlewatkan dapat menumbuhkan para pembisnis atau pelaku usaha juga terus mengikuti perkembangan tersebut.

Salah satunya ialah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah jenis bisnis yang berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi itu sendiri.  Catatan resmi Kementrian Koperasi dan UKM RI tahun 2021 tercatat pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta.

Kampus UNIKOM
Ketua Divisi Inbiskom dan Bapak Dennis Kumara

Melakukan bisnis dengan mengikuti perkembangan digital adalah suatu kewajiban yang harus diikuti agar para pelaku usaha dapat menjual produk tersebut dengan mudah dalam menjangkau target konsumennya.

Perkembangan digital juga dapat mengubah secara drastis cara berbisnis yang dilakukan oleh para penjual, meski hal tersebut adalah salah satu tantangan besar yang terjadi kepada pelaku usaha UMKM tetapi, bisa juga menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis untuk dapat menjangkau target konsumen dengan cara yang cukup efisien.

Dalam perkembangan digital, Bhinneka mendukung penuh untuk membantu para UMKM, pemerintah, pelaku industri serta institusi seperti, UMKM mahasiswa yang memiliki usaha dan dikelola oleh mahasiswa itu sendiri kini memang sudah banyak dilakukan.

Salah satunya yang dilakukan oleh Bhinneka ialah membuat Campus Marketplace yang bertujuan untuk dapat membantu mahasiswa dalam berjualan dengan cara mudah dan tetap bisa eksis berjualan online meski sedang sibuk kuliah.

Keunggulan dalam mengikuti program Campus Marketplace ini tidak hanya untuk mahasiswa saja, melainkan dosen serta staf karyawan lainnya pun bisa ikut bergabung untuk menjadi salah satu merchant dalam Campus Marketplace tersebut.

Tepat pada tanggal 22 Februari 2022 Bhinneka berhasil melakukan kolaborasi bersama dengan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) yang berada di Bandung. Secara resmi UNIKOM Bandung telah meluncurkan Campus Marketplace yang berkolaborasi dengan Bhinneka dengan menggunakan nama Unikommart.Bhinneka.com. Acara peluncuran Unikommart dilakukan secara online dan terlaksana dengan baik. Unikommart adalah salah satu usaha digital yang berada di Jawa Barat.

Acara yang diadakan oleh kampus UNIKOM ialah Grand Launching Campus Marketplace yang dikelola oleh Inbiskom Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dengan tema kegiatan Gelar Produk, Business Matching & Grand Launching Marketplace.

Unikommart

Kolaborasi yang dilakukan oleh Bhinneka.com x UNIKOM juga mendapat dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno yang terkenal dengan nama Bapak Sandiaga Uno. Dalam launching Campus Marketplace, Bapak Sandi turut hadir secara tapping “Saya mengucapkan selamat dan sukses atas peluncuran Marketplace Unikommart.Bhinneka.com. Saya berharap dengan adanya marketplace ini produk-produk yang dihasilkan mahasiswa UNIKOM Bandung dapat dikenal dan diterima secara luas oleh masyarakat,” ujarnya dalam peluncuran Campus Marketplace UNIKOM.

Bapak Sandiaga UNO
Kehadiran Bapak Sandiaga Uno

Dengan memiliki harapan bahwa program yang Bhinneka lakukan mampu meningkatkan penyediaan lapangan pekerjaan di tanah air. Sambutan yang dilakukan oleh Bapak Sandiaga memberikan respon yang baik dan mengapresiasikan kerjasama yang dilakukan oleh pihak Bhinneka. “Saya mengapresiasi acara Gelar Produk dan Busisness Lauching yang diselenggarakan oleh UNIKOM. Pusat inkubator bisnis yang dimiliki oleh UNIKOM Bandung dapat dimanfaatkan untuk mencetak lulusan UNIKOM menjadi Creativepreneur baru, dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat melalui pembukaan lapangan kerja” tambahnya.

Rektor UNIKOM
Dukungan dari Prof Eddy Soeryanto selaku Rektor UNIKOM

Serta acara yang dilaksanakan oleh UNIKOM juga turut hadir Rektor UNIKOM, Prof. Dr. H. Eddy Soeryanto Soegoto, ST., M.T., dengan memiliki harapan “Melalui kegiatan Business Matching dan Launching Campus Marketplace ini, merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan para entrepreneur-entrepreneur baru dalam lingkungan UNIKOM sendiri”. Ujarnya.

Program yang dilakukan UNIKOM ini adalah bentuk kepedulian kampus terhadap mahasiswa UNIKOM untuk kedepannya dengan menunjukan bahwa adanya transformasi dalam mengikuti perkembangan digital. Dengan memiliki harapan Prof Eddy Soeyanto dalam melalui teknologi mini marketplace zero investment yang difasilitasi Bhinneka dapat membuka jalan keluarga UNIKOM tetap mendapatkan tambahan penghasilan dan memupuk jiwa kewirausahaan civitas academica.

Saat ini, Unikommart sudah ada 300 tenant di bawah naungan Inkubator Bisnis dan UMKM UNIKOM (Inbiskom). Untuk mengetahui produk-produk unggulan yang dimiliki mahasiswa UNIKOM dapat mengakses website atau marketplace Unikommart

Banner Tenant Inbiskom

Kolaborasi yang dilakukan Bhinneka bersama UNIKOM ini adalah salah satu bentuk dukungan untuk mahasiswa pada setiap kampus. Bapak Dennis Kumara, sebagai Head of Business Bhinneka mengatakan “Kolaborasi ini merupakan salah satu wujud sinergi Pentahelix, terutama antara Bhinneka sebagai pelaku industri, dengan UNIKOM dari sisi akademisi dan institusi pendidikan, yang fokus pada para pelaku UMKM, baik UMKM Mahasiswa maupun UMKM lokal se-Jawa Barat. Dan kami sangat bangga atas kehadiran Unikommart.Bhinneka.com sebagai Campus Marketplace pertama di Bandung.”

Bhinneka
Bapak Denis Kumara selaku Head of Business Bhinneka

Program yang dilakukan oleh Bhinneka.com pun dapat menjadi dampak positif bagi setiap pelaku UMKM untuk tetap bisa memasarkan produknya di kala perkembangan digital ini yang memang sudah semakin banyak para pesaing lainnya. Serta Campus Marketplace ini dapat menambahkan deretan lokapasar di lingkungan perguruan tinggi lainnya, bahwa Bhinneka sendiri pun juga bekerja sama dengan pemerintah dan Bhinneka adalah perusahaan yang bekerja dengan cara B2B, B2C dan B2G.

Penghargaan

Pada akhir sesi, UNIKOM menyerahkan piagam kepada ketua divisi Inbiskom yang sudah dapat menyelenggarakan acara ini sampai sukses.

Leave a Reply