Info Bisnis Inspirasi Bisnis

6 Unsur Manajemen Yang Wajib Kamu Ketahui

Manajemen merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan usaha. Untuk bisa mengelola bisnis aktivitas manajemen memegang peran penting. Namun banyak orang belum mengerti jika terdapat Unsur Manajemen di dalamnya.

Istilah unsur manajemen sendiri sebenarnya sudah sangat familiar bagi beberapa orang. Sebelum mengetahui unsur unsur ini pastikan terlebih dahulu sudah paham apa itu manajemen. Manajemen adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu manage yang artinya mengatur, mengelola dan memimpin.

6 Unsur Manajemen

Definisi Unsur Manajemen

Unsur manajemen merupakan tindakan yang sekumpulan orang capai dari sebuah tujuan sesuai target pencapaian. Elemen dalam unsur ini penting agar bisa membuat sekelompok orang mencapai tujuannya tersebut.

Terdapat juga beberapa kelompok yang mengartikan manajemen sebagai cara atau metode untuk mengelola sumber daya secara baik. Manajemen menjadi salah satu aktivitas pengelolaan dalam kegiatan yang harus ada.

Dengan adanya kegiatan manajemen ini aktivitas apapun dapat berjalan dengan baik serta pengaturan akan menjadi lebih efektif dan efisien. Manajemen sendiri mencakup makna yang lebih luas sehingga masuk ke dalam berbagai elemen manusia.

Unsur-Unsur Manajemen yang Harus Diketahui

Untuk mengetahui manajemen dan implementasinya dalam perusahaan, terdapat beberapa unsur yang harus seseorang ketahui. Memahami dan mempelajari unsur-unsur ini akan menjadi kunci agar kegiatan manajerial bisa berjalan secara baik.

1. Man atau Manusia

Unsur pertama yang harus diketahui adalah man atau manusia. Setiap perusahaan memerlukan SDM atau sumber daya manusia dalam mencapai target atau tujuan. Manajemen SDM ini memang memegang peranan penting untuk mendatangkan kemajuan bisnis atau usaha.

Dalam pengoperasian manajemen, unsur manusia memang memegang peran penting. Selain itu setiap individu tentunya punya karakter maupun sifatnya masing masing. Upaya terbaik agar mendapatkan hasil optimal adalah dengan menyalurkan ide di setiap individu. Kedua elemen dalam unsur manusia ini harus setiap orang pahami dengan benar.

2. Money atau Uang

Selanjutnya ada unsur money atau uang yang juga harus Anda perhatikan dalam menjalankan sebuah manajemen. Uang juga menjadi unsur paling mendasar untuk jadi landasan dalam aktivitas manajemen. Kehadirannya akan memberikan dampak pada hal lain.

Landasan dalam berbagai hal tentu selalu ada. Sama halnya dengan aktivitas manajemen. Unsur money dan uang akan memberikan pengaruh besar. Pengaturan yang perlu seseorang lakukan dalam hal ini jelas penghasilan serta pengeluaran secara efektif dan efisien.

3. Material atau Bahan

Material menjadi salah satu unsur dalam manajemen yang juga memberikan dampak luar biasa. Pemilihan bahan ataupun materials dalam memberikan kebijakan pengeluaran baik material yang tersisa maupun diperlukan akan berdampak pada bisnis.

Selain itu bagi perusahaan manajemen material ini akan berkaitan dengan aktivitas supplier atau pemasok. Tentu dalam aktivitas produksi akan ada kegiatan dari supplier untuk memproduksi barang. Untuk itulah penting memahami hal ini.

4. Machine atau Mesin

Unsur machine atau mesin dalam menghasilkan produksi juga sangat berpengaruh. Untuk menjalankan mesin penunjang produktivitas di perusahaan maka kegiatan manajemen ini menjadi sangat penting. Umumnya mesin dalam bentuk peralatan ataupun sistem teknologi.

Kehadiran mesin untuk menunjang pekerjaan ini sudah menjadi hal umum di dalam perusahaan. Karena perannya sangat penting manajemen mesin seperti alat yang efektif, produksi, sampai dengan pembelian harga ekonomis menjadi sangat penting. Tentu saja manajemen perawatan agar mesin bertahan lama harus seseorang pikirkan.

5. Method atau Metode

Unsur berikutnya adalah method atau metode. Dalam mempelajari dan memahami semua kegiatan manusia di perusahaan tentu ada yang namanya elemen prosedur, standar dan pekerjaan.

Dengan kata lain, ketika melakukan kegiatan manajemen, seseorang perlu punya standar baku atau metode sebagai tolak ukur. Contohnya seperti peraturan mengenai jam masuk serta pulang para karyawan. Hal ini juga penting agar para pekerja bisa disiplin dan berkaitan dengan manajemen waktu.

6. Unsur Manajemen Market

Unsur berikutnya yang perlu seseorang pahami adalah unsur market. Unsur yang satu ini memang cukup detail di mana seseorang harus memperhatikan teknik strategi, perencanaan sampai dengan pemasaran serta promosi.

Unsur market ini juga berkaitan dengan efektifitas dalam menjalankan dan memaksimalkan potensi pasar. Apabila unsur market ini tidak seseorang penuhi dalam merangkai manajemen, maka produk dan jasa dari perusahaan tidak dapat terjual dengan baik.

Leave a Reply