Info Bisnis Inspirasi Bisnis

WFH dan WFO: Mana Yang Lebih Cocok dengan Bisnis Anda?

Istilah WFH dan WFO mulai banyak orang gunakan di era modern seperti sekarang ini. WFH sendiri adalah Work From Home atau bekerja dari rumah sementara, WFO adalah Work From Office atau bekerja dari kantor. Pembahasan mengenai WFO VS WFH sering beberapa kalangan bicarakan. Sebenarnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Memasuki era modern terdapat beberapa pekerjaan yang memang bisa seseorang kerjakan dari rumah. Hal ini membuat beberapa orang mulai membicarakan manakah yang lebih baik bekerja dari kantor (WFO) atau dari rumah saja (WFH). Untuk memahaminya tentu Anda harus mengerti dahulu tentang kedua jenis pekerjaan ini.

Apa Itu WFH dan WFO?

Secara definisi WFH artinya bekerja dari rumah, seorang karyawan kantor baik terikat dengan perusahaan maupun tidak yang bekerja dari rumah saja. Sementara WFO adalah para pekerja yang wajib pergi ke kantor dan mengerjakan semua pekerjaan dari kantor.

WFH sendiri memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga karena bekerja dari rumah, namun terdapat keterbatasan sosialisasi dan kerap kali merasa bosan karena tidak adanya suasana kantor. Sementara WFO merupakan sistem kerja yang konvensional di mana pegawai harus pergi ke kantor dan bekerja sesuai jam kantor.

Tentu saja suana pekerjaan akan lebih terasa ketika bekerja secara WFO. WFO VS WFH lalu manakah yang lebih baik antara keduanya ?. Tidak semua pekerjaan cocok untuk seorang kerjakan secara WFH, untuk itulah keduanya memiliki kelebihannya masing masing.

Keunggulan dari Bekerja secara WFH

Work from home atau bekerja dari rumah memang menjadi impian banyak orang saat ini. Tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan seperti ini. Apabila Anda memperoleh kesempatan untuk bekerja secara Remote, berikut adalah keunggulan dari bekerja secara WFH.

Work From Home WFH

1. Waktu Perjalanan Bekerja dan Uang Lebih Hemat

Bekerja dari rumah cukup hemat untuk karyawan dari sisi perjalanan dan uang. Beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, sampai dengan Surabaya memiliki tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Otomatis perjalan dari tempat tinggal menuju ke kantor cukup memakan waktu belum lagi macetnya.

Ketika pergi dari rumah ke kantor, seseorang membutuhkan biaya. Dengan bekerja dari rumah setidaknya Anda tidak perlu memikirkan lagi biaya bensin sehingga cukup hemat dari segi transportasi. Tentu saja para pekerja WFH tidak mendapatkan biaya transportasi.

2. Jadwal Kerja yang Fleksibel

Salah satu keunggulan lainnya dari WFH adalah jam yang lebih fleksibel. Seseorang dapat bekerja dengan mengatur sendiri jamnya. Biasanya setiap perusahaan akan menentukan waktu deadlinenya masing masing. Selama tidak melanggar deadline tersebut maka jam kerja Anda aman.

3. Resiko Terkena Penyakit Berkurang dan Kesehatan Mental Lebih Terjaga

Tekanan bekerja WFH biasanya tidak terlalu tinggi sebagaimana WFO. Hal ini berkaitan dengan pengawasan pimpinan. Tentunya ketika bekerja WFO akan selalu mendapatkan  pengawasan langsung, sementara WFH tidak ada pengawasan secara langsung, sehingga tekanan mental lebih sedikit.

Kemudian untuk risiko penyakit dan mental, WFH lebih unggul misalnya seperti di era Covid-19 maka bekerja dari rumah lebih aman ketimbang WFO yang harus melakukan kontak dengan para karyawan lain. Kesehatan mental juga lebih terjaga, karena tekanannya tidak terlalu besar.

Baca juga 8 Cara Menjaga Kesehatan Karyawan di Kantor dan Saat WFH.

4. Keseimbangan Hidup Lebih dan juga Produktif

Bekerja sebagai karyawan WFH juga dapat membuat Anda merasakan kesimbangan hidup karena dapat menciptakan ketengan. Keseimabangan dapat seseorang atur sesuai dengan kebutuhan karena tidak ada aturan baku.

Suasana di rumah yang sudah terbiasa dengan seseorang tentunya akan membuat pekerja WFH lebih nyaman dalam mengerjakan berbagai tugas. Hal ini secara otomatis dapat meningkatkan produktivitas sebuah karyawan.

Keunggulan Bekerja Secara WFO

Selain mengetahui keunggulan dari WFH Anda juga harus mengetahui keunggulan dari bekerja secara WFO. Bekerja secara WFO yang mengharuskan seseorang ke kantor juga memiliki beberapa keunggulan berikut penjelasannya.

Work From Office WFO

1. Pekerjaan Lebih Efektif

Ketika bekerja di rumah beberapa orang kerap kali perhatiannya teralihkan karena tidak adanya pengawasan ketat dari pimpinan perusahaan. Berbeda dengan bekerja secara WFO di mana Anda akan bekerja sesuai jam dan lebih fokus karena tidak adalah faktor eksternal yang mampu mengganggu konsentrasi ketika bekerja.

2. Sosialisasi dengan Rekan Kerja Berjalan Baik

Pada saat bekerja di rumah, salah satu elemen yang hilang adalah komunikasi antar rekan kerja secara langsung. Hal ini merupakan aktivitas penting dalam membangun kemistri kerja. Dengan bekerja secara WFO Anda bisa menjalin aktivitas sosialisasi dengan baik sesama rekan kerja.

3. Kedisiplinan yang Terjaga

Keunggulan selanjutnya dari WFO adalah melatih kedisiplinan para karyawan. WFH atau bekerja dari rumah membuat seseorang dapat mengatur jam kerjanya sesuai keinginan, namun berbeda dengan WFO di mana seseorang harus hadir sesuai jam kerja. Rutinitas berangkat dan pulang kantor secara teratur ini membuat karyawan lebih disiplin.

4. Manajemen Tim yang Terkelola dengan Baik

Keuntungan lainnya bekerja secara WFO adalah manajemen tim. Dalam bekerja tentunya setiap divisi memiliki tim kerjanya masing masing. Evaluasi dan pemantauan kinerja perlu tim lakukan agar bisa memperbaiki pekerjaan. Bekerja secara WFO membuat tim dapat mengontrol kinerja secara langsung sehingga hasilnya lebih efektif.

Leave a Reply