Pelatihan Bhinneka di Jatim
Bhinneka Events Seputar Bhinneka

Kenalkan Dunia Ekonomi Digital, Bhinneka Latih 276 SMK Seluruh Jatim

Menjadi pionir e-commerce Tanah Air sejak 1993, Bhinneka terus aktif membangun ekosistem dan melakukan knowledge sharing kepada berbagai pihak. Terlebih kepada khalayak lingkungan pendidikan, yang salah satu tugas utamanya adalah mempersiapkan generasi muda melek digital, dan siap berkarya di industri berbasis teknologi ini.

Dalam kolaborasi dengan Maspion IT, VSI Marketplace, NUjek, dan DigiPreneur, kali ini Bhinneka hadir di Surabaya untuk berbagi wawasan serta referensi kepada 276 perwakilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari seluruh Jawa Timur (Jatim).

Pelatihan Bhinneka Jatim
Kegiatan Industrial Class Program yang turut mengundang Bhinneka sebagai pemateri.

Kegiatan yang berlangsung di Area Workshop Maspion IT Tahap 3, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, pada Kamis (4/11/2021) tersebut, dikemas dalam Industrial Class Program yang terbagi empat poin utama. Yakni, Digital Marketing, Marketing Labs, Startup Basic Ecosystem, Prakerin Magang Kerja.

Pelatihan Bhinneka Jatim
Head of Corporate Sales Bhinneka, Hong Ik Cing saat menyampaikan materi dalam pelatihan di Surabaya.

Sesi Bhinneka disampaikan oleh Head of Corporate Sales, Hong Ik Cing, kepada para kepala sekolah maupun guru dari 276 SMK se-Jatim tersebut. Dengan pengenalan dan pendalaman tentang dunia ekonomi digital serta e-commerce ini, diharapkan mampu menggugah para pendidik agar kian menggiatkan pendidikan kejuruan berbasis ekonomi digital ini. Sehingga gelombang lulusan SMK nantinya bisa turut memenuhi kesenjangan antara kebutuhan, dan ketersediaan talenta digital. Apalagi pertumbuhan talenta di sektor industri ini tak lagi harus didominasi dari kota-kota besar Jabodetabek, melainkan dapat turut dikejar di kota-kota besar utama lainnya seantero pulau Jawa, terutama Jatim sebagai salah satu sentra ekonomi nasional.

Di sisi lain, kota Surabaya sendiri pernah identik sebagai pusat IT nasional. Melalui kolaborasi yang intensif dari berbagai pihak, semangat berinovasi dari masyarakat, serta kesempatan berlatih maupun mempraktikkan ilmu yang diperoleh, kemajuan di sektor ekonomi yang tengah menggeliat ini bisa terkejar.

Peserta pelatihan Bhinneka Jatim
Para peserta, 276 perwakilan SMK seluruh Jatim yang mengikuti kegiatan.

Tidak ketinggalan, antusiasme positif ini juga dipastikan bisa memberikan andil besar terhadap pertumbuhan UMKM lokal Surabaya dan sekitarnya, hingga di Jatim secara umum. Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak 2020 lalu telah membuktikan, pemasaran melalui lokapasar atau Marketplace bisa memperluas jangkauan pasar hingga ke berbagai penjuru Nusantara. Dengan demikian, berbagai produk khas berkualitas asal Surabaya dan Jatim, makin mudah diperoleh siapa saja.

Terlepas dari itu, kegiatan ini kembali menambah panjang catatan kolaborasi Bhinneka yang menyasar lingkungan pendidikan. Selain memberikan pelatihan, mengisi webinar dan lokakarya, sebelumnya Bhinneka juga telah hadir dengan inisiatif Campus Marketplace sebagai wahana mempraktikkan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dari lingkungan kampus.

Panitia dan narasumber
Para panitia dan narasumber seusai kegiatan.

Leave a Reply