LabInc Kampus Merdeka

Cara dan Teknik Belajar Secara Efektif

Cara dan teknik belajar yang efektif dalam masa pembelajaran setiap orang sudah pasti memiliki kemampuan cara belajarnya masing-masing. Mau di mulai di pagi hari atau malam hari tidak menjadi masalah bagi seorang yang memang mempunyai ketertarikan pada saat memulai mengerjakannya.

Seseorang dapat belajar secara formal di mulai dari Sekolah Dasar, yang dimana pembelajaran itu di mulai secara serius dan efektif yang akan berjalan hingga menjadi sarjana.

Dengan menjadi pelajar atau mahasiswa yang baik tentunya akan menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilannya dalam dirinya.

Belajar secara efektif tentunya dapat membantu seseorang dalam mengerjakan pekerjaannya. Termasuk dengan menjadi seorang pelajar sudah pasti mengenal dirinya dalam cara belajar atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Kita memiliki cara tersendiri dan kemampuan diri dalam mengerjakan tugas yang tentunya tidak setiap orang sama dengan kita.

Cara Belajar Efektif

Adapun cara belajar efektif dalam membantu pencapaian prestasi pada seseorang yang membuatnya menjadi nyaman saat mengerjakannya, diantaranya ada :

1. Efektif Membuat Target Belajar

Pertama kalinya memulai untuk belajar secara efektif ialah mengatur waktu. Dengan memiliki cukup waktu dalam menguasai materi pelajaran tentunya akan sangat berpengaruh untuk daya serap ke dalam pikiran kita.

Dengan menyusun jadwal dan menyusun waktu dengan baik dapat membantu kita berhasil untuk mencapai target yang sudah di tentukan.

2. Belajar Efektif Dengan Mencari Suasana atau Tempat yang Disukai

Ternyata suasana tempat menjadi salah satu pilihan juga lho dalam cara belajar efektif. Memang tak bisa dihindari, mencari tempat nyaman dalam belajar akan memengaruhi mood atau pola pikir kita pada saat belajar.

Salah satu yang bisa dilakukan ialah membuat posisi tempat belajar menjadi yang diinginkan dan juga diiringi musik yang disenangi, ini bisa menjadi cara belajar yang efektif untuk para pelajar.

3. Efektif dengan Membuat Rangkuman

Mencatat pokok-pokok pembelajaran dapat membantu kita untuk cepat mudah mengingat dan mengerti pelajaran tersebut.

Dengan meringkas atau membuat intisari dalam pelajaran dapat membantu kita cepat memahami isi dari materi pembelajaran. Hal ini dapat dianjurkan untuk kita yang ingin belajar secara efektik dalam pengerjaan tugas.

4. Cara Efektif dengan Mempraktikan atau Menguji Diri Sendiri

Jika ingin menghadapi ujian sudah seharusnya sebelum memulai ujian kita harus belajar secara mandiri dan mempraktikannya sendiri.

Dalam sebuah penelitian dengan adanya uji coba untuk diri sendiri terlebih dahulu, dapat menghasilkan hasil yang baik. Hal tersebut dapat dikatakan menjadi cara belajar yang cukup efektif jika diterapkan.

Hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan karena terlalu sering membaca teks yang terlalu panjang. Kuncinya adalah di mengerti bukan untuk di hafalkan.

5. Belajar Efektif Diskusi atau Belajar Bersama

Dengan berdiskusi atau belajar bersama dapat dikatakan menjadi metode pembelajaran yang efektif, karena dengan menghasilkan suasana yang menyaman menjadi lebih mudah rileks untuk bisa menerima materi yang dipelajari. dan bisa melakukan diskusi bersama teman.

Artinya dalam proses belajar bersama, kita dapat menghasilkan lebih banyak pikiran atau jawaban yang memang awalnya tidak kita ketahui atau tak mendapatkan hasil yang didapat jika belajar secara mandiri.

Dalam cara pembelajaran yang efektik sangat berpengaruh dalam pola berpikir kita. Tidak hanya itu, ternyata dalam masa pembelajaran secara efektif juga ada yang namanya teknik belajar efektif itu sendiri.

Teknik yang dapat digunakan berbagai macam, diantaranya ada :

1.Teknik Belajar yang Efektif

Setiap orang memiliki teknik atau kemampuan cara belajarnya masing-masing. Dan yang pastinya setiap orang memiliki sisi ternyaman dan terfavorit dalam belajarnya masing-masing.

Salah satunya ialah jangan terpaku oleh waktu. Cari waktu ternyaman kita pada saat ingin belajar. Sebab, pada saat cara belajar kita yang dinginkan bisa terjalankan maka, mindset kita pun akan mengikutinya karena merasa enjoy saat mengerjakannya.

2.Teknik Pomodoro Belajar Secara Efektif

Teknik ini adalah teknik yang tidak terikat oleh waktu. Salah satu peneliti menjelaskan bahwa “Ketika melakukan cara belajar ini, jangan berfokus pada waktu. Tetapi harus rileks dan santai. Serta jangan merasa malas apalagi pelajaran tersebut belum dikuasi”.

Inti dari teknik ini ialah diberikannya jeda istirahat. Cara pembelajaran seperti ini dinamakan dengan spaced learning, teknik yang lebih efektif untuk memasukkan konsep dan materi ke dalam otak.

Suasana belajar efektif

3.Teknik Feynman Cara yang Efektif

Ini adalah sebuat metode praktik untuk lebih mudah dalam mengingatknya. Inti dari teknik ini adalah dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan serderhana serta ringkas dalam menyampaikan kepada seseorang atau membuat catatan kecil.

Tahapan yang dimiliki Teknik Feynman diantaranya ada :

  • Memilih sebuah topik atau materi yang ingin dipelajari
  • Jelaskan kembali topik materi tersebut kepada orang awam dengan menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan ringkas
  • Mengecek kembali materi yang dapat memuculkan GAP atau kekeliruan dalam pikiran kita dan
  • Pelajari kembali materi tersebut untuk menghindari kekeliruan tersebut dan dapat menjelaskan kembali kepada orang yang awam dengan gaya bahasa sederhana.

4.Olahraga

Ternyata dengan kita sering berolahraga bisa juga membuat cara belajar kita menjadi efektif.

Karena sejatinya olahraga yang memiliki banyak manfaat, seperti kesehatan tubuh, cara kerja otak saat menangkap informasi baru, memperbaiki mood, dan dapat menimbulkan kesenangan yang akhirnya pikiran menjadi fresh dan materi yang diterapkan mudah diserap dan diterima oleh otak kita.

Perlu diingatkan juga, dengan adanya tips dan trik belajar efektik serta adanya teknik dalam belajar kita sebagai manusia juga butuh yang namanya istirahat, tubuh kita, pikiran kita bahkan mata kita sekalipun membutuhkan istirahat.

Jangan lupa untuk istirahat dan tidur minimal 7 jam hingga 9 jam per hari agar pikiran tidak merasa terbebani dan fresh pada saat bangun tidur.

Leave a Reply