Bhinneka dan ITS laksanakan BIMTEK Campus Marketplace
Bhinneka Events Seputar Bhinneka

Bhinneka dan ITS Melaksanakan BIMTEK Campus Marketplace ITSMART

Campus Marketplace merupakan sebuah terobosan baru yang dibangun oleh Bhinneka dan Aronawa yang berfokus pada peningkatan kualitas UMKM binaan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Setelah berhasil mengembangkan marketplace sendiri, Bhinneka siap menghadirkan platform E-marketplace untuk Instansi Pendidikan yang ada di Indonesia.

Hingga saat ini, Bhinneka telah bekerjasama dengan beberapa Instansi Pendidikan demi meningkatkan pengetahuan UMKM di Indonesia agar bisa berkembang melalui platform digital. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang berkolaborasi dengan Bhinneka dalam membangun Campus Marketplace bersama dengan tujuan meningkat kualitas UMKM yang ada di lingkungan kampus ITS.

Setelah membangun Campus Marketplace bersama, Bhinneka dan ITS akhirnya melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknologi (BIMTEK) dengan materi tentang cara menjadi seller center di Campus Marketpace ITS, yaitu itsmart.bhinneka.com. Kegiatan bimbingan teknologi ini dilaksanakan secara online melalui Google Meet pada hari Rabu, (23/11/2022).

Baca juga: Bhinneka dan USU Siap Jalin Kemitraan Dalam Membangun Campus Marketplace Bersama

Pelaksanaan Kegiatan BIMTEK Bhinneka Bersama ITS

Kegiatan BIMTEK Bhinneka dan ITS

Kegiatan ini dimulai dengan presentasi yang dibawakan oleh Sony Sanjaya selaku tim Merchant Performance dari Bhinneka. Pada awal presentasi, Sony Sanjaya memperkenalkan kembali tentang Bhinneka yang sudah menjadi pionir e-commerce Indonesia sejak tahun 1993 dan terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Setelah memperkenalkan Bhinneka, Sony Sanjaya mulai memberikan materi tentang cara menjadi seller center di Campus Marketplace ITSMART. Sony memaparkan bahwa untuk menjadi seller di ITSMART, dibutuhkan akun yang sudah terverifikasi pada Bhinneka.

 “Sebelum membangun toko di ITSMART, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dengan email Anda dan akan diverifikasi oleh pihak Bhinneka” Jelas Sony Sanjaya dalam sesi presentasinya.

Sonny Sanjaya juga memberikan tutorial dalam mendaftarkan akun seller hingga cara mengatur kurir toko dan upload produk di akun seller Campus Marketplace ITSMART. Materi presentasi tersebut dipaparkan dengan menggunakan Google Slide yang menggambarkan step by step dalam menjadi seller center.

ITSMART merupakan inovasi Campus Marketplace yang dibangun oleh Bhinneka dan ITS untuk membuka pintu bagi dosen, mahasiswa, dan UMKM binaan yang ingin membawa bisnis wirausaha mereka menuju platform digital. Tidak hanya produk yang berjenis fisik, produk dengan jenis jasa juga bisa dipasarkan melalui ITSMART.

“Produk yang bisa dipasarkan di dalam ITSMART tidak hanya produk yang ada fisiknya, sebuah jasa juga bisa dipasarkan melalui ITSMART ini” Ungkap Sony Sanjaya selaku tim Merchant Performance Bhinneka.

Kegiatan BIMTEK Campus Marketplace Bhinneka bersama ITS berjalan lancar hingga akhir. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa ITS yang akan menjadi seller pada Campus Marketplace ITSMART, serta tim Bhinneka. Kegiatan berlangsung selama satu jam yaitu dari jam 15:00 hingga 16:00 WIB.

Selanjutnya, Campus Marketplace ITSMART akan dikelola oleh pihak ITS dan akan bergabung ke dalam list Campus Marketplace Aronawa. Kedepannya, ITS juga akan menampung bisnis wirausaha yang berasal dari dosen, mahasiswa, atau UMKM binaan untuk melangsungkan kegiatan jual beli online melalui Campus Marketplace ITSMART.

Baca juga: Bhinneka dan UNILA Gelar Webinar Campus Marketplace

Tujuan BIMTEK Bhinneka Bersama ITS

Tujuan Bhinneka dan ITS Laksanakan BIMTEK

Kegiatan BIMTEK Bhinneka bersama ITS diharapkan menjadi batu loncatan bagi para UMKM binaan ITS yang ingin mengembangkan bisnisnya pada platform digital.

Tutorial seller center yang dipaparkan pada BIMTEK akan menjadi sebuah ilmu baru yang bisa dimanfaatkan untuk membangun toko pribadi di Campus Marketplace ITSMART.

Kehadiran ITSMART diharapkan menjadi salah satu contoh perkembangan dunia kewirausahaan kampus yang dapat dilihat oleh pihak Perguruan Tinggi lainnya.

Kedepannya, Bhinneka akan terus melanjutkan kolaborasi dengan berbagai Perguruan Tinggi lainnya yang ada di Indonesia. Bhinneka akan selalu hadir dengan inovasi baru yang ramah terhadap perkembangan teknologi dan mencerdaskan UMKM Indonesia dalam berbisnis melalui platform digital.

Baca juga: Pertemuan Bhinneka.com X UNIBA dengan Program Campus Marketplace

Leave a Reply